Saturday 9 January 2016

((Pengalaman)) Seleksi Masuk Pascasarjana UGM



Move on dari rasa sakit hati selepas gagal masuk UNPAD, alhamdulilah.. siapa sangka malah aku lolos masuk UGM :) Kali ini aku mau share pengalaman mendaftar S2 UGM dan cerita selama kuliah di UGM.

Setelah tahu nggak lolos UNPAD, sempet ngerasa frustasi iya, bete iya, nangis iya. Bingung nggak tahu harus kemana lagi aku mencari universitas. Ditengah kegalauan ini, Aslih temen seperjuanganku nekad ngajakin daftar UGM, yang ceritanya nih ya.. selisih waktu ke hari terakhir pendaftaran tinggal 1 bulan aja kalo nggak salah. Kalau soal mempersiapkan berkas-berkas sih bisa cepet kelar. Tapiii  yang bikin aku panik adalah persyaratan wajib tes TOEFL dan TPA UGM. TOEFL nya wajib ITP dan syarat minimal score adalah 450 atau kalo nggak pake TOEFL ITP bisa pake ACCEPT (toefl nya UGM punya, tes-nya juga di UGM), sedangan score TPA minimal 500. Untungnya sih yaa kalo sertifikat TOEFL ITP aku udah punya, pernah tes dulu pas jaman-jaman baru lulus kuliah dan masih berlaku. Tapii... ada tapinya nih, yang ngeselin score ku cuman 447 doank selisih tiga angka mendekati syarat minimal. Itu kepanikan pertama. Kepanikan kedua adalah aku belum tes TPA di UGM. Sedangkan, tes TPA diselenggarakan pas hari Rabu.. itu kan hari ngantor, gemana pula aku alesan cuti-nya?? Nah hari tes TPA sebelum batas maksimal pendaftaran itu sekitar tgl 15-an pertengahan bulan, kalo hari ditutup pendaftaran-nya pas tanggal 30-an. Permasalahan muncul lagi, hasil tes TPA itu baru bisa diumumkan kurang lebih selama 15-30 hari setelah hari tes. Nah ya lohhh.. gemana ceritanya aku mau pake hasil TPA ku buat lampiran persyaratan??? Dengan segala kemumetan ini aku putuskan buat telepon ke fakultas psikologi UGM buat tanya seputar TPA. Ini tips pertama dari aku, kalau kamu mau daftar-daftar dan mengalami kondisi seperti aku ini daripada bingung mending telepon langsung ke fakultas/jurusan yang bersangkutan agar lebih jelas. Hasilnya menggembirakan, ternyata pihak penyelenggara tes-nya sangat pengertian. Mereka akan mengumumkan hasil tes-nya pas tanggal 29-nya, satu hari sebelum tutup pendaftaran dan aku bisa pake pengumuman online buat dilampirin ke syarat pendaftaran.. Jadi gak harus ambil sertifikat dulu.

Oke akhirnya aku janjian sama Aslih buat daftar TPA. Aku urus ini itu buat daftar termasuk mempersiapkan alesan cuti ke si bos yang terpaksanya harus boong :')
Beberapa hari sebelum tes, aku berusaha untuk belajar dulu buat memahami soal-soal TPA.. kebetulan aku juga punya buku latihan soal gitu, dulu beli buat prepare seleksi masuk kerja.
Hari yang ditunggu tiba juga, aku ujian TPA jam satu siang setelah terjadi beberapa insiden nggak penting gara-gara kecerobohanku. Ujian berlangsung kurang lebih dua jam. Jadi selesai ujian jam tiga sore. Sekedar pengetahuan, bahwa tes TPA itu ada beberapa sesi. Setiap sesinya diberi batas waktu mengerjakan. Dan kalau udah ganti sesi, nggak boleh mengerjakan lagi sesi sebelumnya. Mirip-mirip tes TOEFL gitu sih sistemnya. Jangan coba-coba buat ngelanggar aturan ini, karena pengawasnya ketat banget. 

Oya, soal TOEFL aku nekad pakai sertifikat TOEFL ITP-ku yang belum lolos score-nya itu. Karena waktu itu aku denger-denger kabar, UGM memberi kelonggaran untuk memenuhi syarat score tes TOEFL ketika sudah diterima kuliah nanti. Dan setelah aku kuliah ternyata ini bener. Bagi siapa saja pendaftar yang lolos, dan belum lolos batas minimal score TOEFL dan TPA diwajibkan memperbaikinya selama kurang lebih dua tahun kuliah. Jadi silahkan selama dua tahun itu score nya diperbaiki sampai lolos batas minimal. Jangan harap bisa ikut seminar hasil kalo dua score ini belum lolos (karena ini jadi salah satu syarat semhas). 

Aku juga sempet telepon ke jurusan Ilmu Komunikasi buat tanya-tanya seputar syarat masuk S2-nya. Jadi aku ada syarat tambahan buat masuk kuliah (diwebsitenya tertera keterangan "ada syarat tambahan, silahkan hubungi jurusan), disamping syarat umum yang diwajibkan pihak UGM. Syarat tambahanya itu aku disuruh bikin essay dengan tema isu komunikasi terkini, minimal 5 halaman. Masing-masing jurusan punya syarat tambahan yang berbeda-beda. Temenku yang fakultas hukum, dia ada tes tertulis dan wawancara. Saudaraku yg di PSDK dia nggak ada syarat tambahannya. Jadi beda-beda gitu, disarankan buat telepon langsung ke jurusan-nya, buat nomer telepon ada di website resminya ugm.ac.id.

Berdasarkan keterangan mas-mas yang angkat telepon di jurusan komunikasi seputar syarat score TOEFL atau TPA katanya mereka nggak mewajibkan score minimal untuk mendaftar. Berapapun score-nya boleh mendaftar. Semakin bagus score-nya semakin besar nilai tambah untuk diterima-nya. Maksudnya adalah begini, UGM memang punya standar score TOEFL dan TPA untuk para mahasiswanya. TOEFL min 450 dan TPA min 500 untuk jenjang S2, TOEFL min 500 dan TPA min 500 untuk jenjang S3 (keterangan ini ada di website resmi UM UGM, silahkan dibaca). Tapi berapapun score yang kamu peroleh UGM "tidak pernah melarang" kamu untuk mendaftar. Siapa saja boleh daftar dengan score berapapun. Karena faktanya komponen penilaian itu "ada banyak". Dan inipun lagi-lagi juga soal faktor keberuntungan ya, tentang layak dan tidak layak, tentang kandidat yang berkualitas atau tidak. Apakah dari berkas-berkas pendaftaran yang kamu kirimkan, kamu layak untuk diterima jadi mahasiswa S2/S3. Tapi lagi niiihh... misal kamu tuh punya waktu senggang yang banyak, ada baiknya score TOEFL dan TPA diperbaiki terus hingga mencapai yang minimal disyaratkan UGM. Karena ini memperbesar peluang kamu untuk diterima. Kalau ternyata kasusnya kayak aku, serba mepet dan kepepet... silahkan persyaratan lain dikerjakan dengan maksimal (seperti syarat bikin essay dan proyeksi keinginan) dan tentunya menanti keajaiban Ilahi :D Setelah mendengar penjelasan itu, aku cukup lega sih.. Katanya juga, hal ini berlaku untuk semua jurusan di UGM. Aku rasa ini cukup jelas ya, jangan ditanyakan berulang-ulang soal ini hehe..

Terus aku denger gosip lagi seputar penerimaan S2 UGM, Persyaratan masuk UGM kan ada banyak tuh, jadi komponen penilaiannya nggak cuma terpaku sama score TOEFL atau TPA. Denger-denger sih nilai yang cukup menunnjang adalah essay 'proyeksi keinginan'-nya UGM sama persyaratan tambahan yang diwajibkan jurusan. Kalau buat jurusanku, berarti tulisan essay-ku cukup berpengaruh. Buat pendaftar pascasarjana kita diwajibin buat ngisi lembar proyeksi keinginan. Isinya seputar alasan kenapa sekolah lagi, terus cita-cita, rencana masa depan, sama topik thesis. Akhirnya aku bagus-bagus-in deh ngisi proyeksi keinginan-nya. Lumayan berhari-hari bikin-nya buat memikirkan kalimat yang menarik dan bagus. Kalau essay tambahannya aku ambil tema tentang social media waktu itu.  

Kembali ke TPA. Tanggal 29, hari pengumuman hasil tes TPA. Lumayan ribet juga sih nyari score ku pas pengumuman di websitenya itu, karena sistemnya manual harus cari satu-satu.. belum lagi yang ditampilin itu tanggal lahir bukan nama kita, jadi harus ekstra teliti. Pas nemu tanggal lahirku, lemes gitu liat score-nya.. yaampun belom lolos 500 hiks.  Trus tiba-tiba ngerasa bego gemana gitu, perasaan kemaren bisa ngerjain deh. Duh.. emang kalo apa-apa bawa perasaan tuh nggak beres, lain kali ngerjainya harus pake otak jangan pake perasaan *malah curhat*

Score TPA dan TOEFL yang jauh dari sempurna sempet bikin pesimis gitu.. dan sempet kepirikan gak jadi daftar aja. Padahal waktu itu aku tahu soal komponen penilaian penerimaan. Tapi yah tetep aja ya ada rasa takut. Aku sempet curhat gitu ke Aslih sama mas pacar tentang hal ini. Dua-nya jawabanya sama... tetep ngedukung buat maju terus. Artinya tetep harus daftar, yah siapa yang tau kan kalau nggak mencoba?? Rejeki itu nggak kemana dan kalau Allah swt udah berkehendak, nilai TOEFL dan TPA bukan menjadi halangan.. *cieeeee*. Begitu nilai TPA udah keluar, aku langsung daftar online. Selesai daftar online, berkas-berkas aku print semua buat aku kirim hardcopy-nya ke jurusan ilmu komunikasi. Jadi ada dua sistem pendaftaran, yang pertama daftar online buat pemberkasan universitas dan yang kedua daftar dengan mengirim berkas hardcopy-nya lewat pos. Kalo pendaftaran kedua ini aku juga tanya pas telepon ke jurusan, biasanya masing-masing jurusan minta berkas hard-nya buat dikirim langsung ke mereka. Untuk waktu pengiriman berkas juga lebih panjang dibandingkan pendaftaran online-nya. Seingetku, maksimal pengiriman adalah tanggal 8 bulan berikutnya cap pos. Yaa.. karena tenggat waktu pengiriman lewat pos-nya lebih lama, aku agak santai kirimnya. Karena pengiriman kilat ke Joga dari rumahku cuman satu hari.

Tanggal 30, semua urusan pendaftaran beres.. legaaa bangeettt. Trus aku iseng-iseng buka website UGM gitu. Syok banget ya pas tau ternyata pendafataran online diundur sampai awal Agustus -.-. Pas waktu itu seingetku bulan Juni dan diundur sampai Agustus. Lumayan ciinn sebulan gitu ada waktu memperbaiki TOEFL dan TPA...!!! Bete banget asli, keseeel KZL! Nggak tau kenapa kok bisa di undur lama banget gitu, tapi kabar kabarnya sih UGM sering banget gitu. Udah batas maksimal pendaftaran ehhh tiba-tiba di undur. Karena pendaftaran online mundur, jadilah pendaftara offline (pengiriman berkas) juga di undur. So,, aku perbaiki lagi deh essay komunikasi sama proyeksi keinginan-nya.

Pengumuman penerimaan-nya tanggal 19 Agustus 2015 di website resmi ugm, um.ugm.ac.id. Lumayan lamaa nunggunya. Tips aku nih ya buat yang muslim, jangan lupa berdoa setiap habis solat 5 waktu dengan doa yang sama dan di ulang-ulang, ditambah solat-solat sunnah yang lain seperti solat Duha, Tahajud, dan solat Hajat. Bismilah, kalo kita bersungguh-sungguh insha Allah pasti terkabul keinginan kita.

Waktu itu aku buka website UGM malem sekitar jam 8 sepulang kantor. Dan ternyata susah banget gitu, mungkin crowded karena banyak yang bukak website-nya. Bolak-balik log in selalu gak bisa. Aku juga dimintain tolong sama saudaraku buat log in akun-nya dia. Ehhh malah punya saudara bisa dibuka, dan alhamdulilah dia lolos. Terus nangis bombay gitu pas aku kasih tau dia lolos hahahhaah :p Karena aku nggak kunjung bisa log in, akhirnya minta tolong mas pacar buat bukain.. dan bisa akhirnya bisa di buka juga akun-ku. Jadi ceritanya harus bukain punya orang lain biar bisa log in wakkkakak aneh!

Ehh mas pacar bbm, ngasih selamat kalo aku lolos. Aku nggak percaya gitu! Trus dia fotoin layar koputernya yang menyatakan aku lolos. Sontak deh sujud syukur seneng banget gitu. Alhamdulilah,, gak sia-sia perjuanganku... Setelah itu, jarak dari pengumuman ke pembayaran SPP, KRS, dan penerimaan maba cukup sedikit waktunya. Rentang pastinya tanggal 25-30 Agustus, dan perkuliahan aktif mulai tanggal 8 September. Kabar baiknya, tanggal 5 September aku dilamar gitu :') hihihi. Ahirnya engagement, one step closer ceritanya :D

Waktu aku nulis postingan ini, aku baru aja selesai UAS semester 1. Sedikit sharing ya tentang kuliah S2 di jurusan komunikasi. Awalnya aku syok di minggu-minggu pertama perkuliahan. Kenapa?? Karena jujur aja, kultur UGM dan Unsud (kuliah S1 dulu) itu bener-bener berbeda banget. Jadi pas kuliah S1 agak santai-santai gitu, ya kuliahnya ya tugasnya. Dan begitu nyampe UGM kuliah sama tugasnya nggak santai banget brohhh... Setiap kuliah mahasiswa harus wajib untuk berpendapat dan diskusi di kelas. Jadi dosen bener-bener jadi fasilitator doank, hal itu sangat diterapkan diperkuliahanku. Pernah nih mahasiswanya pada diem, terus dosen-nya agak bete gemana gitu. Soal tugas juga setiap minggu selalu ada, dan tugas itu dijadikan bahan diskusi untuk minggu berikutnya. Kebanyakan tugas adalah review jurnal dan literatur, dan kebanyakan juga bahan tugas tuh berbahasa inggris semua. Jadii yang kemampuan bahasa inggrisnya bagus sangat membantu disini hehhe. Kalau menurutku, asyik banget belajar disini karena wawasan dan pandangan kita berubah banget setelah kuliah S2. Meski sempat mengalami masa transisi kultur yang bikin mabok dan pengen nyerah ditengah jalan. Tapi semua perjuangan itu worth it banget sama apa yang bakal kita dapetin di perkuliahan. Saranku, enjoy it.. ikutin alur perjalanan dan nikmati setiap perkuliahan. Anggaplah sebagai proses pembelajaran yang akan meningkatkan kapasitas skill dan mengasah pemikiran kritis. Tambahan ya, mahasiswa yang dulu S1-nya UGM menonjol banget dikelas, dan mereka kritis-kritis banget dalam berpikir. Kita harus bisa manfaatin situasi ini buat banyak-banyak belajar dan diskusi sama mereka.

Update Agustus 2017
Hai gaes aku merasa perlu mengupdate postingan ini karena mau minta tolong ke siapapun kalian yg mampir kesini buat nggak menanyakan alur pendaftaran ya.. Mau syarat pendaftaran, mau tahapan pendaftaran ataupun tanya tes masuk S2 ugm apa aja? Plis banget karena itu pertanyaan yg kurang masuk akal buat ditanyain ke aku.. Pertama, setiap jurusan punya syarat dan tes masuk yg berbeda-beda. Kedua, setiap tahun selalu memungkinkan adanya perubahan syarat masuk s2 ugm. So, sangat nggak relevan aku jadi sumber informasi kalian karena aku mendaftar itu tahun 2015. Sekarang taun berapa buu.. Udah 2017, lewat 2 tahun yg lalu. Aku udah kasih link website ugm dibawah, jadi silahkan dibuka aja ya. Thanks 😊

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Website resmi  UGM :
www.ugm.ac.id

Website penerimaan mahasiswa baru:
www.um.ugm.ac.id



42 comments:

Pemeran Utama said...

mlm kak, kak aku mau nanya2 soal s2 di UGM yg komunikasi soalnya aku tertarik, ya mskipun skrng udah s2 di IPB kyknya s2 komunikasi lbh menarik, boleh minta alamat FB / twitter kak.
terimakasih

Faradina said...

halo selamat siang :) untuk sharing2 silahkan hubungi aku by email ya aqidabrilian@gmail.com

Unknown said...

Halo mbak Faradina, salam kenal ^^. Nama saya Okta, saya berminat untuk masuk S2 di UGM juga tapi di Ilmu Linguistik. Saya masih bingung dengan syarat khususnya mbak. Untuk syarat khusus poin 9. b. mbak Faradina hanya mengumpulkan essay saja atau mengumpulkan proposal penelitian juga? Terima kasih.

Faradina said...

halo okta maaf baru sempat balas
jadi ada dua syarat untuk masuk ugm. syarat khusus dan umum. untuk yang syarat umum itu ditujukan untuk universitas sedangkan yang syarat khusus ditujukan untuk jurusan yang bersangkutan.
ketika sy mengumpulkan essay (syarat khusus jurusan) saya disuruh menyertakan seluruh komponen berkas pendaftaran untuk universitas.
jadi kesimpulanya tergantung jurusan kamu, menyuruh atau tidak. lebih jelasnya hubungi saja lewat telepon

Unknown said...

haloo mba faradina.. salam kenal aku nita. kalau mau ambil s2 di ugm, s1 nya nggak harus dari ugm juga kan? makasih

Faradina said...

salam kenal nita..
bebas ya, tidak ada halangan mau dari universitas manapun dan siapapun boleh mendaftar ke universitas tujuan manapun yg kamu ingingkan baik luar negeri ato dalam negeri.

Faradina said...

salam kenal nita..
bebas ya, tidak ada halangan mau dari universitas manapun dan siapapun boleh mendaftar ke universitas tujuan manapun yg kamu ingingkan baik luar negeri ato dalam negeri.

Risky Nurhikmayani said...

Assalamu Alaikum,
Salam Kenal Mbak,
kebetulan sy mendaftar untuk semester ini di ugm dan dinyatakan lolos, kira-kira dimana saya dapat melihat jadwal registrasi ulangnya? di laman tertulis tgl 12-18 juli pembayaran ukt, apakah pembayarannya langsung full?
Terima Kasih

Faradina said...

Walaikumsalam
Salam kenal juga mba Risky
Dulu ketika pembayaran pertama saya langsung bayar full UKT-nya, dan pembayaran dilakukan sesuai dgn tggl yg tertera.
Tapi pd beberapa kasus UGM juga memiliki dispensasi tersendiri terkait pembayaran UKT. Saya kurang tau apa hal ini juga berlaku utk mahasiswa baru.

Risky Nurhikmayani said...

Maaf bertanya lagi, kalau nilai toefl dan tpa-nya memenuhi apakah haru mengisi surat pernyataan kesanggupan memenuhi skor toefl dan tpa? atau tdk perlu? karena sy lihat di bagian upload file untuk registasi ulang tertulis wajib

Faradina said...

Jika memang UGM mewajibkan, berarti harus wajib mengisi tanpa terkecuali

Unknown said...

Asslamu'alaikum.
Met siang mbak faradina
Saya mau tanya, pendaftaran s2 UGM dalam 1 tahun dibuka berapa kali ya mbak ?

Unknown said...

Asslamu'alaikum.
Met siang mbak faradina
Saya mau tanya, pendaftaran s2 UGM dalam 1 tahun dibuka berapa kali ya mbak ?

Faradina said...

Tergantung jurusan, karena beda-beda setiap jurusannya. Ada yg setahun sekali dan setahun 2x. Lebih lengkapnya lihat web ugm

awD said...

salam kenal mba fara. saya mau nanya, artinya tidak ada standar skor TOEFL dan PAPS untuk bisa masuk UM UGM ya Mba?

Miss Aini said...

Assalamualaikum ka faradina..

Perkenalkan saya aini, saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk seleksi s2 ugm,, ada yg ingin saya tanyakan perihal tes masukknya . seperti yang disebutkan bahwa terdapat beberapa tes yakni Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat; dan juga tes bahasa asing. Dimanakah tes tsb bisa didapatkan apakah di ugm langsung atau jakarta seperti bappenas tetapi saya tidak tw lokasinya. yang kedua untuk tes bahasa inggris itu apakah toefl yg sertifikat lgsg dari britil council kah yang di maksud?

Terima Kasih

Saya tunggu jawabannya

Wassalam

Faradina said...

Walaikumsalam..
Salam kenal Aini,
tes TPA bisa dilakukan di lembaga psikologi milik UGM. SIlahkan googling saja untuk informasinya.
tes TOEFL bhs inggris yg dimaksud ITP dgn penyelenggara dari ETS. Untuk info ITP juga silahkan googling saja.

Unknown said...

Aslmkm mba kl untuk jadwal kuliahnya hari apa saja ya? Mksh infonya

Faradina said...

Jadwal kuliah utk tiap jurusan beda2,kalo sy senin-kamis. Ada jg yg kelas weekend cm sabtu minggu aja.

Rinaldi said...

Sangat mengagumkan dan memotivasi!
Saya baru wisuda november lalu, ingin lanjut UGM lagi, tapi semua serba mepet waktunya. Setelah baca post mbak ini, saya jadi termotivasi. Jangan menyerah sebelum berperang!
Mohon doanya :)

Anisa Fira said...

Halo Mbak Faradina, seneng deh baca blognya Mbak, dapet pencerahan terkait seleksi magister komunikasinya UGM :"D Kebetulan aku daftar nih Mbak buat admisi yang semester genap ini, untuk pendaftarannya sih aku sudah selesai, tinggal nunggu pengumuman aja nanti tanggal 17 Januari. Doakan bisa masuk ya Mbak, biar bisa jadi adik kelasnya Mbak Fara hihi.
Oh iya, kalau boleh tau, Mbak Fara peminatannya apa ya? Aku pengen ambil Manajemen Media nih Mbak, kira-kira kurikulumnya seperti apa ya? Mata kuliahnya apa aja gitu, terus apakah modelnya nanti kuliahnya belajar mata kuliah umum komunikasi dulu baru setelah semester 1 baru ambil makul peminatan?

Maaf pertanyaannya banyak nih Mbak, hehe. Terima kasih banyak Mbak Fara :)

Faradina said...

Halo salam kenal @Anisa Fira,,
Aku ambil konsentrasi jurusan manajemen komunikasi.
Untuk konsentrasi langsung ditentukan sejak awal kuliah, mata kuliahnya pun sudah terkonsentrasi sejak awal.. karena kuliah kita singkat hanya 2 semester.
Wah aku nggak bisa cerita kurikulum dan mata kuliah disini ya,, hehe karena terlalu panjang kali lebar.. Ditunggu saja nanti ketika sesi perkenalan dari pihak jurusan.. Semoga lolos :)

Unknown said...

Hai ka fara, aku senasib nih dapet nilai tpa & toefl yg dibawah persyaratan, aku mau tanya waktu itu kaka benerin tpa & toefl lagi ga? Udah hopeless banget, bisa share proyeksi keinginannya juga? Thanks.

Unknown said...

MT pagi k,aku mau nanya dong, minimal ipk untuk tes s2 di ugm kira2 berapa? trus klu kampus lama saya akreditasinya masi C apakah saya boleh tes S2 di UGM? mohon dijawab ya k, makasih

laraspuspaa said...
This comment has been removed by the author.
Muthmainnah Rasyid said...

wah mbak aku malah MEWEK baca postingan mbak ini ;(
ntah kenapa aku netesin air mata.
aku juga pengen bisa lulus s2 mbak,
mbak lanjut chat di email ya mbak. :*
seneng baca postingan mbak.

salam hangat inna :D

Niswatul Khimayah said...

Halo Kak Faradina, membantu sekali blognya untuk saya yg sedang cari informasi tentang magister komunikasi UGM, tapi saya masih bingung kak jadi itu tidak ada tes tulisnya ya? Hanya melengkapi syarat pendaftaran umum dan khusus, langsung pengumuman?
Salam kenal, Ima :)

Anonymous said...

Slm kenal, mbak.. Trma ksh utk share info nya. Mau tnya simple mengenai proyeksi keinginan & essay, saat itu mbak ngerjainnya tulis tangan atau diketik ya? Karena dari UGM sendiri sudah melampirkan form isian mengenai proyeksi keinginan yg perlu diisi. Trma ksh.

Unknown said...

Hai mbak ,saya mau nanya gimana kalau nilai kita ga memenuhi syarat minimal tes AcEpt apakah kita gugur atau tes ulang?

Masyhady said...

Setelah saya ikut TPA bappenas skor saya cuma 396.03, kira-kira keterima ndak ya???
pesimis gini saya mbak.

Faradina said...

Halo semua thanks udh mampir ke blog sy ya.. Sy jwb satu persatu dulu
1. Iya masuk jur kom ugm gak ada tes nya sm sekali. Seleksi cm dr pemberkasan sm essay yg dibikin aja.
2. Proyeksi keinginan bebas aja sih bisa tulis tangan ato pum ketik ulang jg boleh
3. Semua pertanyaan berkaitan syarat itu kn teknis bgt, saya nggak tau juga. Silahkan buka website resminya ugm buat info lengkapnya.
4. Soal nilai toefl dan tpa yg dibawah standar silahkan diperbaiki sj dlu sampe scorenya lulus karena peluang diterima lebih besar jk score nya udh lulus. Tp klo yg kepepet waktunya, dicoba aja krn brp pun score nya diperbolehkan mendaftar.
Setau sy, berdasar info dr temen TPA bapennas itu lbh susah soal2nya dr TPA nya ugm. Mgkin bisa dicoba tes TPA dii ugm saja. Untuk info ttg TPA ugm, search aja ya..

Unknown said...

Mba faradina... Thanks tulisannya. Inspiratif sekali.

Mau tanya mba..
Utk toefl apa mmg boleh kalo blm 450 daftar ya mba..?
Aturan itu sampai sekArang msh spt itu ya mba..??

Trus untuk toefl bisa setelah masuk dipenuhi..?

Faradina said...

Hai Edy...
Dulu pas taun 2015, aku daftar boleh² aja..
Tapi kalo taun ini aku kurang tau boleh/gak. Coba kamu cari tau via website ugm ato tlp lngsung ke fakultas/jurusan yg di tuju

Unknown said...

mba faradina mau nanya dong? untuk pengumpulan berkas sertifikat toefl dan TPA apa diperbolehkan pakai yg fotocopy???
terimakasih

Unknown said...

ugm seminar tesisnya berapa kali ya ?

Unknown said...

Menginspirasi.

Hilman said...

Mba faradina thanks a lot for the writing, tapi saya masih kebingungan mengenai tes tulis dan wawancara untuk magister ilmu hukum mba, apakah bisa minta tolong ditanyakan kepada sodara/teman mba yg mengambil fakultas hukum untuk kasih wejangan kepada saya mengenai tes tulis dan wawancaranya ?

FazaHannanPurinanda said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Sebelumnya salam kenal kak. Tulisan kakak sangat memotivasi dan menginspirasi. Kebetulan saya baru wisuda dan berniat untuk melanjutkan S2 di UGM. Saya mau tanya nih kak, kan kalau mau daftar di UGM ada syarat essainya untuk diberikan ke universitas, nah topik atau tema essainya itu tentang apa ya kak? Ditentukan atau bebas? Terima kasih kak.

Unknown said...

Sebelumnya salam kenal buat kaka. Kak mau tanya kira² kuliah di ugm itu gimanaya, saya tertarik lanjut s2 di ugm jurusan keperawatan. Pemikiran mahasiswanya gimana ya mb πŸ™πŸΏπŸ™πŸΏ

Haryanti Mustika said...

Permisi kak, selamat siang ^^
Sebelumnya salam kenal kak

Setelah saya baca pengalaman kaka ini, saya merasa termotivasi dan menginspirasi saya. Saya sudah mendaftar ke pascasarjana UGM juga kak, namun saya masih sedikit kebingungan di tahapan tes substansi. Apabila berkenan, bolehkah kaka menceritakan tentang bagaimana tes substantif ugm dan ketika wawancara seleksinya juga?

Terimakasih sebelumnya..
Sehat dan sukses selalu kak ^^

Anonymous said...

Setelah membaca ini sy berniat untuk segera mendaftar gelombang 1 s2 ugm. Acept sy masuk, tp TPA yg kurang…bismillah..makasih mb.