Wednesday 27 January 2016

((Review)) Erha Clinic dan Jerawat Part I

Jadi beberapa tahun belakangan ini kulit mulusku dihinggapi makhluk menjengkelkan yang disebut dengan jerawat (kzl) dan belum pernah separah ini hiks T.T. Awal jerawatan waktu menjelang semester akhir kuliah dan itu cuman nongol beberapa aja di muka. Aku cuekin deh karena paling nanti ilang sendiri. Dan ternyata semakin dicuekin memang semakin hari semakin nambah tuh jerawat. Ditambah dengan hormon aneh super ngeselin  yang tiba-tiba muncul (sebelumnya nggak pernah tuh begini). Menjelang menstruasi pasti seminggu sebelumnya muncul jerawat dimana-mana. Kadang cuma satu dua, kadang banyaknya ampun deehh. Itu jerawat bakal ilang sendiri sih menjelang usai menstruasi. Tapi ampun deh bekasnya ilang entah kapan T.T. Belum lagi setiap mens jerawatnya muncul ditempat yang sama, alhasil kapan deh ini bisa ilang bekas jerawat? Yang ada malah bekasnya menghitam.

Jerawat yang semakin parah ini jujur aja bikin nggak pede. Kalau keluar rumah pasti selalu pake make up tebel. Selalu pakai foundation dan concealer buat nutupin jerawat dan noda-noda-nya. Actually, make up kayak gini gak sehat banget buat kulit berjerawat. Karena kulit bakal ketutup pori-porinya dan mengakibatkan jerawat makin parah. Tapi mau gimana lagi, nggak pede banget bray hiks..

Akhirnya karena nggak tahan aku coba berbagai pengobatan dari tradisional sampe yang ke dokter. Awalnya aku emang lagi perawatan kulit di Dr. Amelia spkk, tapi perawatan kulitnya cuma buat menjaga kelembaban sama kecerahan kulit bukan buat jerawat. Karena denger-denger wajah jerawat nggak boleh pake produk whitening, akhirnya aku mandeg dan pakai cara lain. Sebenernya di Dr. Amelia ada pengobatan acne juga tapi nggak minat cobain karena adik aku juga jerawatan (lebih parah jerawatnya) dan berobat disitu nggak ada perubahan. Ngerasa males dengan perawatan ke dokter kulit, aku akhirnya pake perawatan tradisional. Setiap malem sebelum tidur aku pakai masker jeruk nipis+madu yang aku olesin ke wajah selama 1 jam. Kadang pakai masker tomat atau stroberi yang diparut. Hasilnya setelah tiga bulan jerawat mendingan, muka lebih cerah kinclong gitu, dan komedo ilang!!

Tapi jujur aja itu nggak bertahan lama, apalagi pakai masker kayak gitu jujur aja ribet kadang capek jadi males ngraciknya dan kalo jerawat lagi parah-parahnya nggak mempan gitu maskernya. Nah seiring berjalannya waktu aku cuekin aja tuh muka, aku cuman ganti kosmetikku dgn yg khusus acne. Dari facial foam, pelembab, bedak dll aku pake yang khusus kulit berjerawat. 

Ceritanya nih suatu hari bapak aku pijet dan ngundang tukang pijet langganan kerumah. Si bapak tukang pijet kaget lihat wajah adik aku yang jerawatan parah dan dia merekomendasikan dokter (sebenernya bukan dokter lebih tepatnya mantri kesehatan gitu) katanya si bapak, udah banyak yang berobat jerawat kesana dan kebanyakan sembuh.  Tapi tempatnya lumayan jauh boo.. di rawalo (banyumas). Dari purwokerto (rumahku) perjalanan kurang lebih 30-45 menit. Oke singkat cerita berobatlah adik aku kesana, dia dikasih obat minum 3 macem yg satu antibiotik harus habis diminum dan dikasih satu gel jerawat buat dipakai pagi dan malam. Syaratnya selama pengobatan nggak boleh pakai bedak atau make-up. Kalo malu pake masker muka aja buat nutupin jerawat. Dan obat minumnya ini berefek sama orang yang punya penyakit magh. Biaya nya lumayan murah cuman 100ribu aja udah termasuk biaya priksa. 

Adik aku termasuk orang yang ulet dalam ngobatin jerawat, alhasil kurang lebih 6 bulan jerawatnya sembuh. Menjelang pengobatan satu tahun mukanya mulus-lus bersih dan nggak ada bekas jerawat. Dan sampai sekarang adik aku nggak pernah pakai bedak (karena kebiasaan nggak pake). Oke ngliat adik aku sukses, aku pun berobat kesana. Dikasih obat dan gel jerawat yang sama. Gel jerawatnya menurutku work it banget, jerawat jadi cepet kering. Kalau obatnya enggak banget, karena aku punya penyakit magh jadi itu obat perih banget di perut. Akhirnya karena nggak kuat obat aku stop tapi tetep pake gel jerawat. Pesen dokter emang nggak boleh pakai bedak dan make up tapi aku tetep ngeyel pake aja, gel jerawat cuma aku pakai pas malem doank. Hasilnya jerawat tetap aja nongol dan belakangan malah banyak jerawat batu. huaaaaa pusing gueehh :(

Akhirnya aku biarin aja deh ini muka tetep jerawatan sampe sekolah S2, trus tetep juga pakai make up tebel buat nutupin jerawat. Pada suatu hari di akhir tahun 2015 tiba-tiba aku tersadar, aku bentar lagi mau merit (nggak sampe setaun lagi) trus rencana awal merit mau ikut mertua (udah diminta gueeh) dan ortu setuju-setuju aja katanya buat ngurangin brisik dirumah (yaampun jahatnyaa :( ). Back to topic, aku mau merit ceritanyaah masa muka jerawatan mulu kan malu sama suami, sama mertua juga :(

Atas dasar itulaah akhirnya aku bertekad buat serius ngobatin jerawat. Mulailah dengan googling dan searching sana-sini tentang pengobatan jerawat. Hasil googling aku menyimpulkan klinik yang cukup recomended antara lain Erha, Natasha dan LBC. Beberapa juga tanya-tanya sama temen kuliah dan jawabannya random gitu tergantung cocok-cocokan katanya. Tiba-tiba aku inget sama temen satu geng aku (ceritanya punya geng nih kuliah S2 hehe), namanya mba Iva dia perawatan wajah di Erha karena jerawatan dan sekarang udah ilang jerawatnya cuman tinggal ngilangin bopeng aja.

Setelah curhat sana-sini dan minta pendapat berobat dimana, dia ngrekomendasiin Erha karena katanya klinik lain banyak yang dokternya bukan spesialis kulit. Belum lagi dia pengalaman di klinik lain berobat 2 tahun nggak banyak perubahan.  Trus dia juga ngrekomendasiin buat pake dokter Lisa Murniarti (dokter yg nanganin dia) katanya dokternya sabar, ngertiin dan gak komersil (nyuruh-nyuruh beli ini itu yg sifatnya agak memaksa). Oke fix, akhirnya keputusanku jatuh pada Erha dengan berbagai pertimbangan.

Tibalah hari senin aku ditemenin oleh mba iva ke Erha kotabaru Jogja jam 1 siang buat konsultasi kulit, kebetulan temenku itu juga mau konsultasi bulanan. Setelah mendaftar dan menunggu  beberapa antrian akupun masuk keruang konsultasi ditemenin sama mba iva. Awalnya, cuma ditanya apa masalah/keluhan, trus riwayat pengobatan kulit sebelumnya, dan sekarang lagi pakai perawatan/sedang minum obat apa. Aku jelasin tuh satu persatu bla..bla... eeehh tiba-tiba temenku ini nih nyeletuk "dok ini temenku mau merit makanya dia mau berobatin kulitnya."  Hedeuu.. apa pula mba iva pake ngomong2 gitu -.-. Dokternya jawab: Ohya?kapan mba? Trus aku bilang.. taun depan dok Insha Allah.. Dokternya jawab: Oh taun depan, tenang aja masih ada waktu kok. Hmmm judulnya ngilangin jerawat sebelum merit ya hahha. Oya, aku dipesenin juga selama pengobatan nggak boleh pake make up tebel, no foundation, no concealer, no compact powder (harus pake bedak tabur). Yaampun pingsan aja deh dok T.T. Satu lagi nggak boleh sering kepanasan alias kena sinar matahari langsung.

Diperiksalah wajahku pake alat kayak kaca pembesar untuk wajah gitu. Setelah itu wajah aku di foto sama asisten dokternya. Dikasihlah resep oleh dokter, antara lain ada krim pagi 2 macem, krim malem 3 macem, facial foam, dan obat minum dua macem (yang satu anti radang, dan satunya antibiotik). Buat yang anti radang dikasih 10 tablet diminum sehari 2x, sedangkan yang antibiotik 30 kapsul, sehari sekali selama sebulan.

Rangkaian Perawatan Acne dari Erha



Krim Pagi

Untuk krim pagi terdiri dari dua jenis. Krim pagi 1 (AMG 3) dan krim pagi 2 (AF 4). Cara pemakaiannya pagi hari cuci muka dulu dengan acne facial foam setelah itu gunakan krim pagi 1 secara merata, biarkan sebentar hingga meresap dikulit. Kemudian oleskan lagi krim pagi 2 secara merata. Setelah pakai krim pagi 2 boleh pake bedak, dan bedaknya pun harus tabur. Tadinya aku pake bedak tabur acne-nya Wardah, tapi setelah itu aku ganti pake bedak tabur acne-nya Erha. Boleh pake makeup kayak alis, eyeshadow dan lipstik. Tapi kalo blush on mending jangan dulu. Pemakaian ini bisa diulangi lagi siangnya dengan cara yang sama. Kalo aku biasanya setelah solat, karena kan krimnya ilang tuh kena wudhu. So, aku dobelin lagi penggunaan krim-nya tapi cuma krim pagi 2 setelah itu baru pakai bedak.

Krim Malam 
Krim malem ada tiga macem, krim malam 1 (AFT), krim malam 2 (CC10), dan malam totol (AST). Cara pemakaiannya sama aja kayak krim pagi. Cuci muka dulu pake facial foam trus pake krim malam 1 merata, dobel pake krim malam 2 merata. Nah buat yang malam totol khusus ditotolin di daerah yang berjerawat aja.




Acne Facial Foam

Antibiotik 

Acne Face Powder  (bedak tabur)

Bedak tabur ini waranya lebih ke natural bening gitu. Jadi efeknya kayak nggak pakai bedak, persis kayak bedak bayi. Bedak ini bisa dibeli bebas di Erha Apohteracy harganya 85 ribu. Awalnya pake bedak ini bikin nggak pede gitu, karena jerawatku keliatan semua dan nggak nge-cover noda. Tapi so far, aku malah cocok banget pake bedak ini. Rasanya enteng aja kulitku. 

Anti Radang

Buat total pengobatan awal di Erha lumayan mahal sih buat kantong mahasiswa, tapi belakangan aku pikir itu worth it dengan hasilnya :)

Konsultasi dokter : 100.000
Krim wajah 5 macem + acne facial foam + obat antibiotik + obat anti radang : 590.000
Total keseluruhan : 690.000 + bedak tabur (85.000).

Hemm.. lumayan ya uang makan sebulan hahahaha.
Kalau berobat di Erha setiap bulannya harus konsultasi dengan dokter untuk melihat perkembangan kulit kita, biasanya jadwal sudah ditentukan oleh dokternya. Buat pasien baru biasanya bakal ditelepon dari Erha mendekati hari kontrol buat mengetahui perkembangan/keluhan sembari mengingatkan kontrol. Nah saat hari H kontrol kalau kita telat kontrol bakal di sms juga sama Erha buat ngingetin jadwalnya (strategi marketing nih XD).

Efek dari pemakaian Erha ini kulit jadi lebih kering dan sedikit ada pengelupasan. Tapi tetep ya kalo lagi cuaca panas, muka ku kayak kilang minyak. Sejauh ini, aku udah satu setengah bulan pakai Erha dan hasilnya luar biasaa deh cocok. Krim wajah + facial foamnya juga masih nyisa sedikit. Yah cukup buat stok satu setengah bulan.  Perubahan yang aku rasain yang jelas jerawat batu kempes semua (sekarang udah nggak ada jerawat batu), jerawat menghilang satu persatu, wajah lebih bersih dan halus, noda bekas jerawat memudar.

>> Update 28 September 2016

Aku pake Erha sejak Desember 2015- Juni 2016
Alhamdulilah, selama kurun waktu 7 bulan itu aku cocok pake Erha. Jerawat banyak yang hilang, terutama dibagian yang waktu dulu jadi langganan tempat nongol jerawat (tiap menstruasi pasti selalu nongol ditempat yang sama). Sampe sekarang dibagian itu nggak muncul jerawat lagi. Kulit wajah jadi lebih bersih & cerah dan glowing gitu, bopeng-bopeng jg sedikit-sedikit menghilang, wajah halus, nggak ada jerawat batu lagi.

Tapi sejak akhir Juni aku berhenti pake erha, barengan sama krim muka ku yang pada abis dan aku nggak kontrol lagi ke erha. Waktu itu selain lagi sibuk ngurusin nikah, agak berat juga duitnya mau buat kontrol wajah (prioritas duitnya kepake buat nikahan). Alhasil aku Nggak pake Erha sebulanan lebih lamanya. Ada perubahan sih ketika udah nggak pake Erha, dan yang paling berasa adalah jerawat batu nongol lagi T.T . Tapi sih nggak separah dulu, paling cuma 1-2 aja. Wajah juga nggak secerah dulu ketika pake Erha, tapi nggak kusem juga. Kan ada tuh yang berhenti perawatan wajah terus mukanya jadi kusem banget. Setelah itu after married sekitar bulan Agustus tgl 9 aku memutuskan buat beralih ke Larissa atas berbagai pertimbangan dan juga tanya temen-temenku yg perawatan wajah berjerawat disana. Next bakal aku posting soal perawatan wajah di Larissa ini..


Baca juga:
Review: Erha clinic dan jerawat part II
Review: Nyobain Skin care baru V 10 Plus Water Based Peeling dan Acne Serum untuk Kulit Berjerawat

49 comments:

Gas zone said...

Artikel yang bagus dan bermanfaat. Boleh saya lengkapi artikel di atas dengan http://www.jerawatan.id/2016/05/23-cara-menghilangkan-jerawat-kecil-kecil-secara-alami-dengan-cepat.html?m=1

Anonymous said...

Masih ready ga mba barangnya? Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara menghilangkan jerawat batu yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

Anonymous said...

Masih ready ga mba barangnya? Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara menghilangkan jerawat batu yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

Unknown said...

hai kak faradinaa salam kenal, makasih ya review nya membantu bangeet apalagi soal biayanya heheh *mahasiswajuga*, aku mau tanya mbak, mbak pake erha udah berapa bulan dan gmna hasilnya? kontrolnya setiap dua minggu atau gmna mbak? oiya itu bikin ketergantungan gak ya mbak? maaf ya banyak tanya soalnya harganya mehong bingitt buat mahasiswa cuman pengen hasilnya juga sepadan aja hehe, thanks mbak :)

Faradina said...

Halo felita salam kenal juga :D
Aku pake erha sekitar 7 bulan.
Erha punya jadwal kontrol buat pasiennya biasanya nanti dokternya yg menyarankan buat kontrol lagi kapan. Awal2 2 minggu sekali, trus biasanya satu bulan sekali.
Tapi aku sering kontrolnya pas krimnya udh abis aja baru kontrol lagi.
Hasilnya di erha worth it sih sepadan dgn harganya yg mehong, hehe. Jerawat jg lebih ke kontrol apalagi pas menstruasi, bekas-bekas jerawat jg memudar, dan dipantau bgt perkembangan kulit kita sama dokternya.
Tapi sekarang aku udh stop pake erha *gakkuatmahalnya* haha dan lg coba pake larissa. Setelah ada hasilnya mungkin aku bakal posting tentang larissa ini

cila said...

hai mbg salam kenal.. aku malah lg mau coba erha soalnya mukaku parah ada bekas flek hitam dan bopeng yg susah hilang. aku pakai larissa udah setahun lebih. larissa bagus dikulit aku dan cocok bahkan aku gk berjerawat mgkn krna herbal. tp untuk masalah bopeng dan flek sepertinya aku harus sabar..

Faradina said...

Hai Cila salam kenal juga...
Kalo untuk menghilangkan bopeng & flek mungkin bisa di coba di Erha, Pengalaman & bulan di erha bopeng-bopeng ku cukup tersamarkan dan beberapa bahkan hilang tak berbekas. Apalagi kalo rutin acne peeling bakal bikin kulit lebih bersih.. Cuman acne peeling juga lumayan ya biayanya

Unknown said...

hai kak salam kenal , saya baru menggunAkan erha sekitar seminggu dan efeknya merah dan berkerut , itu wajar kah sbgai pemula pengguna erha apa gimana menurut mbak ? makasih

Faradina said...

Halo Kadek salam kenal :)
Menurutku wajar sih, karena tiap orang punya reaksi kulit yang berbeda-beda.
Dulu sewaktu sebulan pake erha aku malah breakout muncul banyak jerawat dibagian leher. Itu banyak, merah dan gede-gede.
Tapi alhamdulilah jerawat & bekasnya hilang dalam kurun waktu +- 3 bulan.
Kamu bisa konsultasi ke dokter di kontrol yg selanjutnya ttg efek yg kamu alami..

Unknown said...

wahhh seneng dong mbg bopeng bisa samar bahkan ilang :) sempet baca2 review jg sih mbg kalo pelling di erha mahal.. aku pengen aja fleknya ilang kalo mslh jerawat beruntung gk berjerawat sejak pakai larissa. trus skrg gmna mbg udh coba larissa?

Unknown said...

ini akunku ya mbg yg cilla itu.. btw ig mbg apa ya biar aku follow?

Unknown said...

ka kalo umur 18th gitu gpp kan ya ka ke erha ?? soalnya aku lagi jerawatan, jerawatnya ga seberapa sih cuma bekasnya itu lho sama muka aku kusem banget jadi sbel sndiri kalo ngaca :(
klo ke erha bisa sekalian cerahin wajah kan ka ? :D

Faradina said...

Udah dua bulan nyobain larissa.. hasil sementara sih kulit wajah lebih cerah, kemaren sempet breakout keluar jerawat kecil-kecil banyak pas mau menstruasi. Tapi sekarang udah ilang jerawatnya. Ada beberapa jerawat yang mulai pudar dan ilang.. ig ku @aqidabrilian

Faradina said...

Halo vania salam kenal..
Nggak masalah sih kalo kamu mau perawatan kulit wajah ke erha.
Tapi saranku kalo kondisi jerawat kamu nggak parah2 bgt mending perawatan pake skin care biasa aja.. Kamu bisa pilih produk wajah yg tersedia di pasaran & sesuai dgn jenis kulit kamu.. Karena resiko ya kalo ke klinik kecantikan nanti jadi ketagihan terus..

Unknown said...

Mba boleh minta alamat lengkap mantri kesehatan rowalo/ kontaknya engga?

Unknown said...

Aku baru 3 minggu ini pake erha gara" jerawat muncul banyak. Sebelumnya aku g pernah pake apa" karena memang g ada masalah sama muka ku. Cream yg dipake nya hampir sama sama yg mba pake, memang jrawat ada yg kerung dan mulai ilang, tp ada yg muncul jg jerawat" kecil. Nnti liat perkembangan sebulan kedepan, kalo cocok aku mau share perkembanya.

Faradina said...

Halo mila.. Thanks udah mampir dan sharing pengalamanya.. Smoga cocok dgn erha ya. Ditunggu buat perkembangannya.. :)

Reni said...

Waduh lumayan mahal juga ya perawatan di erha. tapi emang hasilnya bagus sih kata temenku

Unknown said...

Klo beli bedaknya aj blh? Tanpa konsul dokter?

Faradina said...

Halo agustina, boleh kok karena erha juga jual produk-produk pabrikan yang dijual bebas di gerainya tanpa harus dengan resep dokter. Kamu bisa cek disini https://erha.co.id/over

Unknown said...

Boleh tanya tidak, clinic erha areal banyuwangi ada gak....? Terus kalau areal banyuwangi belinya dimana ya..? Thanks

Unknown said...

Haloo kaa faraa, saya mau tanya utk obat yg diminum itu saat bulan pertama aja atau diminum terus saat pakai produk erha? Trimakasi:)

Faradina said...

Hai Lintang,
Obat atau cream yang diberikan erha tergantung pada perkembangan kondisi kulit kita. Tapi pas aku cuman awal-awal aja minum obatnya, selanjutnya enggak

LOL said...

Saya kok pertama pemakaian semakin memerah ya , Mba fara gitu gk ?

Faradina said...

Yups awal pemakaian kulitku agak memerah terutama kalo panasan kena sinar matahari. Tp nggak merah bgt sih. Temenku yg pake erha ada jg yg efeknya merah bgt dikulit. Mungkin tergantung masing-masing kulit kali ya.

Unknown said...

Hai sistt mau tnya , kamu purging di erha brpa lama ya? Aku udah pke 11 haru tp tmbah bnyak banget jerawtnya :(

Unknown said...

Mbk aku mau tanya, aku bru pake erha 4 harian trus ini wajahku gatel2 dibagian dagu aja, merah dikit tapi nggkpp sih, normal nggk ya mbk? Makasi banyak mbk.

it isn't my trash, it's my rule place.. said...

Haloo, ada yg mau beli krim erha gak? Aku gak pake lagi nih, pdhl baru beli lumayanlan aku jual muraj aj.tipe skin: lagi ada acne bbrp, trus mukaku tipe normal berminyak. Ada AMG 2, AF 2, yg krim malam ada AG 2 sama totol acne AST. Serta facial washjg ada. Yg minat bisa hub 083151021483 / 089693843885

Unknown said...

Hai kak aku mau nanya nih aku baru sebulan pake erha tapi kok malah nimbuk jerawat yang besar2 ya? Huhy

Unknown said...

Hai kak aku mau nanya nih aku baru sebulan pake erha tapi kok malah nimbuk jerawat yang besar2 ya? Huhy

Unknown said...

Itu erha yg dmna ya

Unknown said...

Itu erha yg dmna y

Unknown said...

Itu erha yg dmna y

Anonymous said...

Aq seminggu pakai skincare erha peeling n injeksii acne juga.tp malah keluar jerawat gtu ya bnya yg nongol rata. Apa ga cocok yaa..

Anonymous said...

Sist ke erha mana, sy juga baru mau nyoba nih..

Unknown said...

Hai kalau masalah nya cuma mengobati jerawat lebih baik pake cream acne aja selain murah aman gk bikin ketergantungan cream ini bisa bikin kulit muka jadi halus sudah banyak korban skincare yg sembuh dengan cream acne ini termasuk saya sendiri berawal dari pengen nyembuhin jerawat malah breakout semakin parah hampir 1 taun gk kunjung sembuh walau sudah berbagai perawatan dan obat yg ada di pasaran tlah di Coba hasilnya nihil hingga ketemulah dengan cream yg super ampuh ngobatin ini jerawat info cream ini bisa hub 081322354443 atau invit 52107af7 untuk yg berminat atau sekedar info atau mau tau seberapa banyak testimoni yg sudah coba dan akhirnya sebuh dengan cream acne ini semoga info ini bermamfaat

Unknown said...

Hai kalau masalah nya cuma mengobati jerawat lebih baik pake cream acne aja selain murah aman gk bikin ketergantungan cream ini bisa bikin kulit muka jadi halus sudah banyak korban skincare yg sembuh dengan cream acne ini termasuk saya sendiri berawal dari pengen nyembuhin jerawat malah breakout semakin parah hampir 1 taun gk kunjung sembuh walau sudah berbagai perawatan dan obat yg ada di pasaran tlah di Coba hasilnya nihil hingga ketemulah dengan cream yg super ampuh ngobatin ini jerawat info cream ini bisa hub 081322354443 atau invit 52107af7 untuk yg berminat atau sekedar info atau mau tau seberapa banyak testimoni yg sudah coba dan akhirnya sebuh dengan cream acne ini semoga info ini bermamfaat

Anonymous said...

Hai aku mau sharing pengalaman aku stelah pakai erha 7 tahun, uda sering aku pindah dokter di erha. Awalnya kulitku memang berminyak jadi sering ada jerawat, karena itu aku pakai erha. Darisitulah penyesalan itu datang, awalnya aku senang karna efekny instan jerawat lsg berkurang, muka mulus kinclong, lalu ak putuskan untuk brhenti ehh dia muncul lgi. Akhirny aku pakai terus hingga 7 tahun tapi tetap saja kulit ga bisa mulus malah sering ada jerawat kecil. Aku memutuskan untuk berhenti pake erha lalu alhasil mukaku jadi parah banget, merah mengelupas. Aku kapok banget pake erha, kulit muka yg tadiny normal dan lebi cerah dari kulit badan sekarang jadi sensitif dan lebih gelap dari kulit badan. Dan apalagi erha sering ngasih obat2 yg hrs diminum seperti nimegen (bisa bikin rahim kering), etc pas ditanya ini bahannya apa masa kata dokternya itu vitamin. Maklum dlu ak masi smp (polos gtu jdi ga tau ap2) sampe kuliah pake obat erha. Pas uda gedean dikit aku baru sadar trnyata diboongin sama yg namany kulit bisa dimulusin pake obat erha. Sekarang uda kapok banget, aku pake skin care yg uda pasti2 aja seperti SK II (FTEny yg obati mukaku dari side effectny si krim erha), Laneige, Kiehl, Clinique dsb

Gas zone said...

Coba mba tambah artikel menarik seperti cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Unknown said...

Haii ada yg mau beli cream erha aku ga? Terdiri dari cream pagi siang 2 produk dan malam 1 cream malam mix ada 2 serta malam totol acne 1 dulu beli habis 700k jual rugi cukup 300k saja, minat hub line melatiseptiana

jasa sewa partis pameran said...

hy thnks bgt review nya.jd pngn coba

jngn lupa mampir ya http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id/

Anonymous said...

Haloo mbak, saya mau tanya dong. Saya baru nyoba erha di akhir bulan mei 2017 seminggu pemakaian masih bagus, setelah facial makin bagus, tapi setelah minggu ke 2 jerawat mulai keluar banyak, merah" dan gatal nya minta ampunn.. Kenapa yaa mbak?? Bisa kasi info gak ya itu kira" kenapa dan apakah harus berhenti pake produk erha apa lanjut?? Terimakasihh

Unknown said...

Hallo sist, saya baru mencoba makai erha baru kurang lebih 2 minggu ini, setelah saya berhenti dr dr. Elisabet, krna jarak rumah terlalu jauh jdi sya mencoba buat pindah ke erha, kulit sya sensitif mudh jerwat,tpi knp ini muka jadi tumbuh jerwat kecil2 kyk nyamuk, sampe leher nya, jadi bnyak bener pipinya, sebelum nya hanya beruntus krna berenti menggunakan cream dri dr. Elisabet, jerwat juga hanya satu dua, tpi ini jadi nmbah bnyak kyk digigit nyamuk, jdi gak pede, itu knp sist? Ap gak cocok di kulit muka saya, sebelumnya bagus, tpi kesini dia bambah bnyak sis

Faradina said...

Hei thanks udah mampir. Sama kayak aku di bulan pertama pake erha jerawatan kecil2 banyak di leher. Mungkin karena penyesuaian kulit sama cream erha kali ya. Tapi setelah itu berangsur2 hilang dalam 2-4 bulan udah bersih lagi

Rara Ayu Rengganis said...

Mba kalo boleh tau alamat/ nama mantrinya apa ya yang di daerah tawalo itu? Aku tertarik. Karena kalo erha mahal bgt buat mahasiswa perantauan :(
Makasih ya mba. Mohon di jawab :(

Rara Ayu Rengganis said...

*rawalo

sera said...

Hai kak, aku juga mau share deh. baru sebulan pemakaian erha dengan konsul dokter dulu tapi bukan dokter SPKK, karena aku erha cabang di mall. awalnya wajah ku beruntusan parah seluruh muka, kata dokternya aku alergi kosmestik. dikasihlah obat minum doxy+ dan satu lagi aku lupa namanya. dan dikasih krim2 pagi dua dan malem satu dengan obat kocok totol. pemakaian seminggu muka ku ngelupas kering tapi beruntusan tetap ada dan makin hari muncul satu per satu jerawat besar2 dan bernanah. aku balik lagi komplain ke dokternya, katanya ini aku infeksi dan meradang. dikasih obat minum lagi metcore namanya, terus di suruh beli krim tambahan yg pakainya di mix dengan krim malam. sudah habis 2 jt aku selama seminggu ini. dan pemakaian berlangsung disertai BLT (blue lght therapy) selama sebulan dan tidak ada perubahan pada beruntusan ku yang ada hanya makin parah jerawatan paraaaah banget!!! awalnya aku mau stop pemakaian, tapi kata ibu ku komplain aja ke erha pusat dengan dokter SPKK langsung, dan yg kami dapat disana data atau history dari cabang memang tidak ada, jadi kami harus dari ulang lagi konsultasinya. dengan disertai pembelian krim2 obat baru yang sudah habis 1 jt. total sudah habis 3jt dalam sebulan DI ERHA YANG TIDAK ADA HASILNYA!! aku bingung harus balik lagi ke dokternya atau stop langsung pemakaian ya kak? awalnya balik kedua kesana karena mau minta pertanggung jawaban dari ERHA, eh yg ada aku di porotin suruh beli lagi krim2 disana. alhasil krim pertama yg aku beli di erha cabang tidak terpakai. sampai saat ini aku sedih lihat wajah ku. :(

lady mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Unknown said...

Gimana sama larissanya kak, cocok gak?