Friday 21 July 2017

Parfum The Body Shop Reject: Asli atau Palsukah?

Tujuan utama postingan ini mau kasih tau kalau nggak ada yg namanya parfum "the body shop reject." So be carefull kalo ada penjual yg ngaku-ngaku jual parfum tbs ori tapi reject, itu kemungkinan besar bohong. Kenapa aku berani bilang gini, karena udah pernah pengalaman ditipu olshop yg ngaku-ngaku jual body shop ori reject heleeh buls**t banget, jangan percaya. 

Jadi begini ceritanya, aku tinggal di kota yg nggak ada mall apalagi counter the body shop😑 (sekarang udah ada mall btw). Nah aku dan temen-temen kantor ceritanya pengen beli parfum-nya tbs. Beberapa temen kantorku udah langganan pake parfum tbs. Kalo ke jogja mereka pasti mampir beli ke counter-nya. Sedangkan aku waktu itu belum pernah nyobain parfumnya tbs. Itu pengalaman pertamaku mau nyobain parfum tbs, ditipu pula, apes banget dah. Jadilah kita iseng-iseng cari siapa tau bisa beli lewat online. Dan aku yg disuruh nyari parfum tbs ini. Aku nyari lewat IG, dan ternyata banyak banget yg ngejualin parfum tbs bahkan harganya lebih murah dari harga counter. Karena penasaran akupun scrolling-scrolling, cari tau ini parfum kek gimana kah kok harganya lebih murah dari counter? Usut punya usut ohh parfum reject, trus apasih itu parfum tbs ori reject? Cari taulah lagi.. Setelah cari tau sana sini. Ohh parfum reject ternyata begini-begini (you know lah tbs reject maksudnya gemana, gak perlu aku jelasin juga). Aku pikir waktu itu masuk akal juga sih, baju branded aja yg reject bisa dijualin murah banget. Waktu itu harga parfum tbs body mist reject sekitar 80-100 ribu per botol lumayan jauh dari harga jual counter yg harganya sampai 159 ribu .

Ini asli ya :D

Olshop yg aku kepoin itu stok parfum-nya terbatas gak banyak jadi aku percaya-percaya aja kalo itu beneran ori tapi reject. Aku bilang deh ke temen-temen kantor gimana kalo belinya di olshop ini (dan aku jelasin bla bla bla). Temenku ada yg nanyain, wehh yg bener tuh jangan-jangan palsu lagi.. Beneran aman gak beli disitu? Waktu itu aku ga kepikiran tuh olshop jual barang palsu sih, dan percaya aja dengan embel-embel ori reject. Lagian masa sih tbs ada palsuanya? Kayaknya nggak mungkin (pikirku waktu itu). Akhirnya aku sama temen-temenku pesen nih total pesenan parfum kita sampe 1,2 jutaan. Beberapa hari kemudian barang sampe. Packagingnya oke bgt rapi tapi kemudian kita kecewa stelah liat kondisi botolnya udah gak oke, tutup gak kenceng, penyok, ada yg gak ada tutupnya juga. Aku inget lagi di penjelasan olshopnya kalo barang reject emang begitu banyak minusnya terutama dari segi tampilan botol. Oke lah, aku maklumi. Terus aku kecewa lagi setelah liat parfumku (aku beli body mist moringa) cairannya agak keruh nggak bening dan pas dicium wanginya gak jernih, nyegrak menyengat kek parfum isi ulang gitu baunya, disitu aku mulai curiga jangan-jangan iya palsu. Tau kan parfum tbs wanginya kek gemana. Kecurigaan semakin menjadi waktu temenku komplen kok baunya gini ya beda banget sama yg biasa aku beli. Oke, aku mulai ngerasa gak enak sama temen-temen kantor. Tapi anehnya ada beberapa parfum yg baunya mirip banget sama yg asli. Entahlah mereka pake formula apa. Kita tambah curiga pas parfum di pake itu baunya cepet banget ilang. Padahal tbs yg asli meski body mist, disemprot dikit aja wanginya udah semerbak dan gak ilang-ilang (suamiku kalo make di seragam kantor bisa dua hari masih wangi baju seragamnya). Setelah itu tiap kali aku mau beli parfum tbs selalu beli ke counternya. Dan beneran emang body mist moringa yg aku beli dulu itu palsu, wanginya beda 100% sama yg asli.

Ini waktu beli palsuannya, mirip banget kan

Adanya kejadian begini akupun googling cari tau, apa sih yg terjadi sama tbs reject? Kok bisa aku beli reject hasilnya sangat mengecewakan. Padahal dibandingkan beli baju branded reject yg kadang reject-nya itu secuil banget bahkan sering gak keliatan kalo barang reject, itu jauhhh banget lah pokoknya. Yang aku sesalkan buanyaak banget olshop yg ngejualin parfum tbs reject ini :( 

Dari hasil googling cari tau sana-sini aku pun menyimpulkan kalo tbs reject itu nggak ada! Itu khayalan, itu palsu dan aku ditipu 😢. Mereka para olshop yg ngaku jual reject ori, percayalah mereka cuma pake botolnya tbs doank sedangkan isinya parfum isi ulang. Kebayang dong keuntungan mereka si para penjual nakal berapa dari jualan parfum tbs reject ini?

Setelah itu aku mencoba cari tahu lebih banyak tentang "bisnis parfum tbs reject ori." Mereka para penjual yg ngakunya jual tbs reject ori rata-rata punya stok parfum yg jumlahnya cukup banyak dan varian wangi-nya pun lengkap. Coba deh kalian berpikir dengan logika dan akal sehat. Kok bisa ada parfum tbs tapi stok reject-nya banyak banget gitu, apa iya gak rugi tuh perusahaan barang reject bisa sebanyak itu? Yang pasti dimana-mana setiap perusahaan entah apapun itu baik makanan atau kosmetik mereka pasti melalui tahapan quality control yg ketat. Semakin hari mereka akan berupaya meningkatkan kualitas produknya dan meminimalisir adanya barang reject. Namanya barang reject kan nggak bisa dijual langsung ke konsumen/ gak lolos quality control. Adanya barang reject juga mengakibatkan kerugian juga bagi perusahaan karena barang tersebut nggak bisa dijual. Menurut kalian dengan adanya pernyataan ini, parfum tbs reject masuk akal nggak?? Coba deh renungkan. Mana ada perusahaan yg mau punya barang reject banyak begitu. Aku harap siapapun kalian yg belum tau dan berniat mau beli parfum the body shop reject nemuin postingan ini dan mengurungkan niat kalian. Kalo emang kalian pengin beli barang tbs karena nggak ada counter tbs di kota kalian, lebih baik belilah di website resmi-nya tbs atau aku saranin pake jasa titip beli aja. Itu dijamin aman. Terkadang malah mereka para penyedia jastip nggak cuman ngebeliin aja, tapi juga berburu diskon langsung dari counter aslinya. Jadi menurutku cara ini adalah cara paling aman buat beli tbs secara online. Sekali lagi hati-hati ya gaes, jangan lupa untuk selalu cari info dulu sebelum membeli barang :)

UPDATE Januari 2022
Wah ini postingan udah lama banget tapi aku kaget loh karena yang komentar ternyata rame 😂 Gak usah emosi ya ibu-ibu karena ini postingan udah lama banget. Soal suamiku pake bodymist tbs 2 hari masih nempel wanginya juga gak usah diributin, karena waktu itu emang masih nempel tipis2 wanginya selama 2 hari di baju seragam wkwk. Sekarang mah nggak nyampe sehari udah ilang baunya. Dulu juga pengetahuanku soal produk tbs masih minim, ditambah pemakai pemula parfumnya tbs. Dan saat itu parfum reject yang aku beli wanginya beda banget sama yang asli counter. Beda dan baunya bikin enek. Btw, sekarang udah banyak seller tbs yang trusted kok. Banyak yang ambil produk tbs dari warehousenya mereka dan harganya miring jauh banget dari counter dan itu original 100%. Sekarangpun beli di counter langsung harganya juga murah karena sering diskon. Tapi soal parfum reject karena aku bukan orang retail ya jadi nggak begitu paham. Cuman dipikiranku udah negatif aja kalau ada embel-embel barang reject. Jadilah aku beli cari aman aja ke counter langsung. Sekian, semoga nggak ribut lagi yak 😂

21 comments:

Unknown said...

Izin share

Unknown said...

Aku beli tbs skrg ga ke counter lg. Lgag borong 3 botol yg reject menurut aku kalian cm dpt apesnya doank.. Krn yg aku pake2 skrg sejak 2017 tbs nya enak bgt wanginya bahkan tanah 3 sampai 4 hari malah kalo baju belum dicuci dan kalo baju dicuci itu keringnya msh bau tbs aku pake yg lotus sama vanilla asli mantul banget secara lebih hemat. Teliti lah sblm belanja online krn penjual barang reject itu ga semuanya nakal.

Unknown said...

Saya pemakai setia tbs , dan sampai saya nemuin ori reject serta saya pake hampir 90% sama kok . Bedanya lebih strong aja kalo saya bilang . Ada kali tuh 5 btl parfum hasil beli ori reject . Alhamdulillah semua sama persis . Dan dr situ saya ikutan jualin . Dan sebelum saya pake TbS saya penjual parfum refil . Kalo parfum tbs palsu, bisa banget nyiptain wangi dengan begitu banyak variant yg berbeda . Kalo diitinh variant dari tbs itu sendiri aja lebih dr 10 jenis . Oh ya satu lg yg buat saya percaya . Tbs baru ngeluarin "Japanise cherry blossom yg strawberry kiss" ada customer sy yg nanya, dan tuh parfum ada stock nya. Saya bilang emg kamu kena apes nya aja . Mungkin udah kena tangan jail dr OS nya. Suhu ruangan di gudang dengan store itu berbeda loh .

Ya said...

Sorry mau lurusin sedikit aja. Kalau tbs body mist memang gak tahan lama wanginya. Jd ga mungkin kalo sampai 1 -2 hari blum ilang wanginya. Sy pengguba tbs black musk yg body mist beli di counter tbs. Ga sampai 2 jam sdh hilang wanginya. Beda dgn yg edt, edp atau p.oil

meistiopi92 said...

Mungkin anda pas apes... Reject itu ada kok,,, kbtulan ada kenalan yg kerja di TBS dan emg reject srg terjadi. Klo soal bau,,,emg TBS reject itu bs berubah wrn air dan bau nya krn pengaruh suhu ruangan di gudang mrka ...

Unknown said...

Nama store nya apa kak? Kalo boleh tau

Unknown said...

Saya pake tbs eau de parfum yg moringa plg semprot pagi. Siangan dikit juga udah ilang. Gak mungkin smpai 2 hari. Halu bgt

Anonymous said...

hi ka..
just info
the body shop emang kadang jual yg reject,kebetulan q tinggal di jakarta dan setaun sekali ada PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan q beli reject nya langsung dari counter the body shop nya,
barang reject itu pasti ada dan terkadang orang dari body shop sendiri yg nakal yg menjual reject diluar dari counter nya.
barang reject dikarenakan proses pengiriman dari korea ke indonesia yg terkadang ke banting atau faktor lain. klo di counter tbs di mall emg jarang nunjukin adanya barang reject yg mereka jual, tapi biasanya di event2 besar seperti PRJ itu mereka biasa emg tetap dijual meski reject,karna betul sekali perusahaan ga mau rugi.

Ananta Devi said...

Hai kak, beli tbs rejectnya di olshop mana?

Akirra0212 said...

Hai kak aku br baca2 tulisan ini beserta komennya. Im sorry to say mgkn kakak lg gak beruntung. Aku salah satu yg beralih beli tbs reject dr tbs yg di store. Wanginya sama persis kok. Klo soal tahan lama, emg body mist tbs kn yg oripun cpt ilang wanginya kak. Semoga lbh teliti lg kak dlm memilih tbs reject :))

Anonymous said...

Sebenarnya untuk mengetahui produk tersebut asli atau tidak bisa pakai scan barcode...dalam aplikasi The Body Shop Indonesia yang bisa diinstal di Google Playstore akan ada menu "scan product"...produk TBS palsu jika di scan akan muncul "NO ID" atau "NO RESULT"

Unknown said...

nama olshopnya apa kak?

reicheshop said...

Haiii gue jualan bodyshop nih dngn hrga murah shopee.co.id/shantipdewi

reicheshop said...

Haiii gue jualan bodyshop nih dngn hrga murah shopee.co.id/shantipdewi

reicheshop said...

Haiii gue jualan bodyshop nih dngn hrga murah shopee.co.id/shantipdewi

Unknown said...

Iya jangan membunuh usaha org ka, ga semua olshop itu nakal, berarti emang lagi apa aja mba nya

Anonymous said...

Ganti usaha Kak yg halal, tbs reject itu palsu mau dibalut pakai bahasa sekeren apapun ya palsu. Gak ada ceritanya barang kaya parfum jumlah rejectnya ratusan ribu botol sampe banyak bgt penjualnya lol
Bahkan kalau gak palsu pun tetap aja yg dijual barang rusak yg udah lewat masa kadaluarsa-- gak baik untuk kesehatan konsumen.

Anonymous said...

Jadi reject itu beneran ada kak, bukan refillan parfum,berarti harus pinter2 ya kak beli di olshop

Isfanz Ainu said...

Nama olshopnya apa ka?

nayyastory said...

Btw mungkin mbaknya bukan orang pabrikan jadi gatau soal barang reject. Buat sample aja bisa dijual lagi klo mau nakal, jadi gini sehari tuh pabrik produksi sampe ribuan pcs barang terus pasti ada aja yg reject. Biasanya emang dibuang, kalau ga ya masuk gudang lg. Bahkan bukan barang reject itu krn rusak packingnya aja kadang tuh formulanya ada yg beda dikit2 krn salah dari pengambilan material, bisa krn timbangan dll.

my journal said...

Iyah, pernah beli waktu temen yg nawarin katanya reject, harga 70rb an klo ga salah, aku pikir lumayan selisihnya dari yg d store, pas nyampeeeeeeee... wkwkwkwkkw. Mungkin bs d anggap asli buat yg belum pernah pakai yg d store 😅😅😅 mendingan aku beli yg minyak wangi biang,