Friday 21 July 2017

Pengalaman Seleksi CPNS Mahkamah Agung

Siapa yg harap-harap cemas menanti formasi CPNS??? Aku dong (ngacung sendiri). Mengingat pendaftaran CPNS sebentar lagi dan ternyata Mahkamah Agung buka formasi juga, jadi inget masa-masa dahulu ketika ikut seleksi CPNS Mahkamah Agung. Meskipun nggak lolos (aku rapopo :') aku mau share pengalamanku sewaktu proses seleksi siapa tau berguna buat kalian-kalian yg mau berminat daftar disini. 

Aku ikut CPNS MA sekitar tahun 2014 akhir baru banget lulus S1, dan mendafar untuk formasi jurusan ilmu komunikasi btw aku lupa gitu ngelamar bagian apa --" ada publik-publik nya tapi lupa :v. Nah mereka merekrut 5 orang di bagian yg aku lamar dan aku pilih untuk penempatan kerja di Jakarta. Seingetku proses seleksi CPNS MA ada 3 tahapan; administrasi - tes CAT - tes kompetensi bidang. Simpel tapi pasten ya gak seribet kalo ikut seleksi di perusahaan swasta atau BUMN yg tahapannya banyak banget.

Alhamdulilah lolos seleksi administrasi, lanjut buat tes CAT yang lokasinya di Mahkamah Agung cempaka putih jakarta timur. Jadi ada beberapa pilihan lokasi tes gitu, tapi aku pilih di Jakarta yg paling deket sama tempat tinggal. Tes CAT waktu itu aku ditemenin mas pacar (masih jadi pacar ceritanyah) dan nginep di rumah budhe-nya mas pacar di daerah cengkareng. Saat tes CAT itulah kali pertama aku ke Jakarta lagi setelah bertahun-tahun nggak kesana.. sekaligus baru merasakan kejamnya Jakarta karena aku berangkat tes naik transJakarta yg ampun deh rasanya kek mau pingsan saking kagetnya dgn kondisi Jakarta (maklum biasanya mobilan kalo jln2 di jakarta). Jadwal tes-ku jam 10 pagi. Aku nyampe MA pas banget tepat jam 10 pagi. Tapi eh ternyata tes-nya ngaret. Karena jumlah komputer terbatas jadi tes-nya dibagi menjadi beberapa kloter. Akhirnya aku tes jam 11 pagi (ngaret sejam dari jadwal). Gapa2 sih ngaret, aku jd sempet tidur sejam dulu nunggu giliran tes karena ngantuk + capek habis perjalanan 4 jam dari cengkareng. Yang lain pada ngobrol kenalan sama temen sebelah, ehh gueh tidur dgn santainya haha.

Memasuki ruangan tes CAT udah cukup seger karena abis tidur, akupun mengerjakan tes dengan tenang. Ruangan tes-nya cukup kondusif, tenang, bagus, ber-ac, nyaman pula. Durasi antara waktu mengerjakan tes dengan jumlah soal juga sangat cukup. Padahal aku ngerjain udah santaaii banget kayak di pantaai eehhh ternyata masih nyisa waktu banyak. Jadi aku manfaatin waktu buat ngoreksi jawaban-jawaban sebelumnya yg masih ragu. Sampe akhirnya udah banyak peserta yg ninggalin ruangan baru aku selesei-in koreksi. Dengan waktu mengoreksi yg cukup santai, durasi waktu mengerjakan soal juga masih tersisa banyak. Tau deh baik banget ini ngasih durasi waktu ngerjain soal sampe tumpeh-tumpeh. Begitu klik selesai, score kamu dalam mengerjakan soal langsung keluar di layar komputer saat itu juga. Jadi aku bilang tes CAT itu transparan banget ya nggak ada curang-curangan, nggak bisa dimanipulasi. Waktu itu hasil score-ku terbilang cukup tinggi, sampe pengawas ujianya pun terkagum-kagum sama score-ku yg tinggi "wah score mu tinggi banget ini" kira-kira begitu katanya hihi. Ini namanya the power of tidur sebelum ujian wkwkwkwk land. 

Aku pun pulang ke kampung halaman sambil menunggu pengumuman resmi dari MA waktunya sekitar sebulanan - 2 bulan menanti. Hari pengumuman yg ditunggu-tunggu pun tiba. Hasil pengumuman dari tes CAT itu di rangking per posisi yg kita lamar. Kalo nggak salah nih itu hasilnya dari peserta seluruh Indonesia, nggak cuman peserta yg tes di Jakarta doang. Dan tadaa aku kaget sekaligus seneng dong karena di posisi yg aku lamar, score CAT ku menduduki peringkat 4. Seneeeng banget waktu itu, dan sekarang berkhayal seandainya waktu itu proses seleksi cuma ada tes CAT doang pasti udah kebawa 😀. Dinyatakan lolos CAT, aku ikut tes tahap selanjutnya yaitu tes kompetensi bidang. Karena aku dari ilmu sosial, jadi soal-soalnya berhubungan dgn ilmu sosial kayak bahasa, sosiologi, kewarganegaraan, ada soal tentang MA juga misal nih siapa ketua MA sekarang, tahun berapa berdiri dan lain lain (bisa dipelajari di website resminya MA). Model pengerjaan soalnya pake LJK bukan komputer lagi. Sebenernya agak gimana gitu ya ujian TKB ini sangat banyak celah kecurangan karena sifatnya nggak transparan. Kita sbg peserta tes nggak tau hasil nilai berapa, gak tau menduduki peringkat berapa karena kita nggak di kasih tau oleh pihak MA hasil tes TKB ini. Dan di TKB inilah aku nggak lolos,, padahal ini tahap terakhir :( Sedih sih nggak lolos, tapi sekarang justru aku merasa bersyukur karena banyak banget hikmah yg bisa aku ambil dari nggak lolos cpns 3 tahun yg lalu. Karena ternyata Tuhan punya rencana lain buatku.

Well, saranku yg mau ikut cpns taun ini jangan lupa persiapan yg matang terutama di tes CAT dengan banyak belajar. Kamu bisa beli buku-buku psikotes atau TPA untuk mempelajari tes CAT karena soal-soalnya nggak jauh beda dari di buku-buku psikotes yg ada dipasaran. Ada hitung-hitungan, deret angka, bahasa, silogisme, bangun ruang dll. Buat yg udah pernah ikutan tes masuk kerja di perusahaan manapun itu baik swasta ataupun pemerintah yg ada tahapan psikotesnya.. nah tes CAT soalnya nggak jauh-jauh dari soal psikotes masuk kerja. Bedanya di CAT pake komputer, ada sistem waktu otomatis (waktu habis otomatis gak bisa lanjut ngerjain, langsung ke lock sistemnya), di CAT juga nggak ada tes koran/ warteg hehe.. murni pilihan ganda semua. Finally semoga kita semua sukses dengan cpns taun ini ya!

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Faradina said...

Terus ngapain dibaca kalo gak ada manfaat :D blog gue bebas dong 😒😒