Wednesday 26 July 2017

Cara Mudah Membedakan Make up Asli dan Palsu

Setelah krim palsu, aku mencoba kembali berbagi ilmu lagi di dunia perpalsuan dan kali ini aku bakal bahas tentang kosmetik palsu. Aku yakin banget yg namanya cewe kalo udah liat  make-up pasti racuuun banget, kita bahkan nggak ragu buat spending money banyak buat printilan yang satu ini. Tapi tahukah kalian kalo make-up itu juga ada palsunya? Bahkan kw-an nya pun ada loh! Duhh udah kayak tas aja ya di kw-in. Mungkin secara fisik sih make-up palsu ini bisa dibilang mirip banget sama aslinya. Tapi tetep ya ada cara-cara tersendiri untuk membedakan mana kosmetik asli dengan yg palsu. Aku pernah liat make-up palsu ini bertebaran dipasaran bayangkan lipstik Revlon yg harga aslinya cuma 60 ribuan ada palsunya, mereka jual cuma 15-20 ribu bo! Mascara Maybelline juga aku sempet nemuin ada yg jual palsuannya. Yg pasti harganya amat sangat lebih murah. Adalagi lipstik NYX, Kyle, the balm, dan lain sebagainya banyak banget dipalsuin. Jadi kamu harus superr hati-hati.

Ilustrasi Make up


Membeli make-up palsu ini amat sangat tidak disarankan. Karena apa? Kita nggak tau siapa produsen pembuat make-up palsu tersebut. Kita nggak tau dia menggunakan bahan-bahan apa, aman atau enggak buat kulit dan kesehatan. Yang ditakutkan adalah make-up palsu itu memberikan dampak yg nggak baik buat diri kita, seperti alergi, bengkak, kemerahan ataupun gejala-gejala lain yg cukup membahayakan. Efek terparahnya sih denger-denger bisa menyebabkan kematian. Nggak mau kan kalian beli lipstik palsu terus bibir jadi bengkak kayak abis jatoh nyium aspal? Makanya penting banget membekali diri kalian dengan pengetahuan tentang make-up atau apapun lah yg aman digunakan. Jangan sekadar ngikutin tren terus kalian jadi dengan gampangnya beli ini itu tanpa memperhatikan barang tersebut asli atau palsu, aman atau enggak. Karena yg bisa menyelamatkan diri kalian yaa kalian sendiri.

Aku ada beberapa tips untuk membeli make-up yg aman dan nggak terjebak dengan barang palsu:

1. Belilah di counter resmi atau agen resmi. Ini adalah cara paling amaan banget. Counter resmi make-up hampir ada diseluruh supermarket bahkan minimarket. Atau belilah pada penjual terpercaya. Misalnya di toko yg khusus jual make-up atau mereka stokis make-up misalnya. Jangan beli di pasar, toko ecek-ecek, atau online shop yg belum terbukti trusted T.T kalian bisa cari tau dulu lewat review, rating atau testimoni pembeli lain.

2. Ketahui harga asli make-up tersebut. Misal kamu mau beli kyle lipstick, harga aslinya kisaran 400 ribu (ini aku liat di website resmi kyle cosmetic) berarti kalo ada yg ngejual lipstik itu 30 ribu atau 100 ribu ya jangan di beli dong. Itu berarti barang palsu. Jauh banget kan selisih harganya aja nggak masuk akal. Pokoknya pengetahuan tentang harga mutlak tau, biar kamu nggak tergiur harga murah.

Kalo menurutku sih gini, misal kamu nggak mampu beli make-up mahal-mahal mending nggak usah dipaksain beli deh, apalagi kalo sampe beli palsuanya. Belilah yg sesuai kantong, murah nggak papa asalkan asli dan aman digunakan. Kalo udah ngebet kepengin? Ya nabung dong buat beli yg asli.

Kamu juga perlu cari tau kenapa harga di toko A segini, di toko B segini. Terutama skin care korea yg sekarang lagi banyak-banyaknya beredar di Indonesia. Kalo beli di counter resmi di mall-mall harganya mungkin bisa lebih mahal, tapi kalo beli ke online shop yg mereka importir skin care korea harganya bisa separonya aja. Sekarang orang-orang pasti jauh lebih suka beli ke online shop karena harganya yg jauh lebih murah dari counter resmi. Tapi lagi-lagi kalian harus beli di online shop terpercaya yg udah pasti barang tersebut asli. Karena hari gini masih banyak penjual nakal yg ngakunya jual asli nyatanya itu barang palsu.

3. Lihat kemasan produk sebelum membeli. Produk asli dan palsu pasti ada perbedaan kemasan yg bisa kita lihat. Meskipun perbedaanya tipiss banget, tapi tetep masih bisa dibedain. Kamu bisa searching dulu buat cari tau perbedaanya. Karena tiap produk itu cara membedakanya juga berbeda-beda. Sekarang banyak bgt blogger dan vloger yg dengan baiknya sharing cara membedakan produk asli dan palsu. Apalagi kalo barang itu lagi booming, udah pasti banyak oknum-oknum yg bikin palsuannya buat meraup keuntungan.

Tiga tips itu menurutku cara paling simpel buat menjaga agar kamu aman dari make-up palsu. Sejujurnya aku prihatin banget sama banyaknya kepalsuan ini, dan sedihnya banyak cewe-cewe yg masih tergoda membeli make-up palsu 😢 Well aku beneran nggak bisa berbuat apa-apa untuk memberantas banyaknya make-up palsu yg beredar. Karena aku seneng ngeblog, aku cuma bisa mencoba ngasih edukasi ke kalian para cewek lewat tulisan ini. Semoga aja tulisan ini bisa jadi salah satu usaha buat mengurangi pembelian make-up palsu.

0 comments: