Tuesday 25 July 2017

Bahaya Krim Wajah Palsu

Sejujurnya aku nulis ini karena yg pertama kesel sama penjual olshop yg hari gini masih aja ada yg ngejualin krim wallet, krim baby pink, krim racikan dokter dan seonggok krim-krim wajah nggak jelas lainnya. Kedua, ingin menyadarkan cewek-cewek bahwa kalo mau cantik gak usah lah pakai krim-krim begituan. Be your self, jangan pengin keliatan kayak si ini atau si itu yg cantik banget kulitnya putih mulus. Setiap perempuan punya aura cantiknya sendiri-sendiri, banggalah jadi dirimu sendiri. Kalo memang kamu punya masalah kulit (kayak gueeeh) misal jerawatan atau kulit kusam pakailah produk-produk ternama yg aman dan tersedia di pasaran. Kalo kondisinya parah?? pergilah ke dokter kulit atau klinik kecantikan terpercaya untuk mengobati masalah kulitmu. Cukup jelas ya bisa dipahami ceramah singkatku ini??

Oke lanjut.....
Jadi aku punya pengalaman tentang krim-krim palsu yg notabene sangat bahaya kalo digunakan di kulit. Efek terparah jangka panjang bisa mengakibatkan kanker kulit. Dulu lagi banyak-banyaknya cewe-cewe kulitnya pada putih glowing licin gitu dan aku penasaran mereka pada pake apa sih kok bisa begitu kulitnya? Ternyata oh ternyataa mereka pada ke dokter kulit atau klinik kecantikan dan waktu itu klinik kecantikan lagi booming banget nggak terkecuali di kota aku. Banyak cewe yg rela antri buat perawatan kulit sekaligus beli krim-krim-nya. Jadi mereka pake krim dokter A, dokter B atau skin care A atau skin care B. Nggak jarang krim muka itu harganya pun luar biasa mehong. Semua demi kulit putih mulus kinclong dan licin. Waktu itu nggak tertarik sama sekali. Tapi lama-lama kok ya gatel pengen juga kayak mereka haha. Akhirnya suatu hari aku jerawatan, tapi itu jerawat ringan banget paling satu dua aja. Dasar ababil ya ribut banget padahal jerawat cuma seupil, aku dibeliin mamahku krim malem racikan salah satu dokter kulit dikotaku. Fungsinya buat ngempesin jerawat, ngilangin bekasnya sekaligus mutihin kulit. Cara pakenya cuma di olesin di bagian jerawat, tapi malah aku pake ke seluruh muka. Seminggu kemudian tahukah apa yg terjadi? Kulitku bagus banget, kinclong putih glowing kayak mbak-mbak yg aku liat dijalanan. Temen-temenku sampe pangling lah aku pake apa kok putihan? Sempet nggak ngeh sama perubahan kulitku, akupun ngaca gara² temen²ku bilang aku putihan. Karena suka sama hasilnya aku pake terus sampe beberapa bulan ke depan. Tapi aku memutuskan berhenti pake karena serem sama hasilnya ini krim apaan sih ya kok bisa dahsyat gini efeknya. Nah berhenti pake krim itu mulailah wajahku sering bermasalah, yang iritasi lah, kusem, merah-merah kalo kena panas dan yg paling parah jadi jerawatan.

Berhenti pake krim dari dokter kulit, aku pake produk perawatan wajah biasa yg ada dipasaran. Meskipun kulitku nggak seputih dulu, tapi cukup aman lah saat digunakan. Entah dari mana datangnya tiba-tiba sifat alay-ku kembali muncul... waktu itu lagi booming banget krim babypink tau kan? krim yg di klaim sbg krim wajahnya syahrini. You know kulitnya syarhini kayak gmn? dambaan cewe-cewe lah. Penasaran aku pun buka-buka beberapa blog yg jual krim ini. Aku cari tau tuntas liat testimoni, manfaat krim, terdaftar bpom gak sampe sempet ngechat admin-nya juga buat tanya tentang krim babypink ini. Jadi ceritanya keterangan di blog dan si admin sangat meyakinkanku buat beli krim ini. Murah banget pula krimnya cuma 150 ribu sepaket isi krim pagi, krim malam, facial foam, toner. Pas aku tanya ini udh terdaftar bpom belom? Mbak nya cuma jawab udah bersertifikat succofindo. Btw gueh nggak ngecek sertifikatnya kayak apa, mana buktinya.. Oh bodohnya diriku. Tapi nggak tau kenapa aku mau beli kok kayak gak sreg gitu ada yg ngeganjel di hati. Aku pun minta pendapat ke adiku, tanya pendapat dia tentang krim itu sekaligus aku tunjukkin blognya. Dengan santainya dia bilang, "ati-ati mba krim gak jelas gitu jangan-jangan bahaya. menurutku gak usah aja sih. Ngapain juga pake² begituan." Jleb banget ya ini komen adik gueh. 

Nggak berhenti sampe disitu, akupun cari tahu tentang krim-krim muka macam ini. Nemulah sebuah blog yg salah satu postingannya membahas tentang bahaya dari krim muka palsu. Ya Allah aku bersyukur banget nemu postingan itu, karena siapapun yg menulis dirimu telah menyelamatkanku dari tidakan bodoh memakai krim-krim itu. Kebanyakan krim-krim ini dikemas dalam pot pot kecil. Dan hampir semua krim rata-rata sama entah itu krim tabita, krim walet, krim baby pink, krim AHA.... krim paginya pasti berwarna putih, sedangkan krim malemnya berwarna kuning (atau kebalikannya). Usut punya usut ternyata semua sumber krim itu sama, yaitu krim KILOAN! Duh serem banget gueh ngebayangin kulit muka ditoelin krim kiloan T.T krim kiloan itu dapat dengan mudah diperoleh dipasaran dan harganya amat sangat murah. Parahnya krim kiloan itu mengandung mercury yg cukup tinggi. Jadi nggak heran kamu pake seminggu aja kulitmu keliatan bagus? Intinya krim-krim itu semuanya amat sangat berbahaya. Bahkan topik tentang krim kiloan ini udah pernah dibahas di beberapa acara tv salah satunya di investigasi trans 7.

Kalian harus menyadari ini, mereka para artis mengeluarkan uang hampir puluhan juta rupiah buat merawat kulit mereka. Jadi nggak ada cerita mereka cuma pake krim babypink harga 200 ribu bisa kinclong, putih mulus cantik gitu. Justru itu krim muka jenis itu perlu dipertanyakan, apa lagi kalo bisa terlihat hasilnya dalam waktu singkat, cuma dalam seminggu doang misalnya.

Pembelajaran lain aku dapet dari seorang ibu -ibu tak dikenal. Suatu hari aku pergi ke apotek kimia farma sama adik aku, selagi dia beli obat aku tunggu di bangku depan apotek. Sebelah apotek persis itu tempat praktek dokter kulit yg ampun dah ruamee buangeeet para cewe dan ibu-ibu pada ngantri disitu. Bahkan antrianya sampe ke bangku depan apotek. Denger² sih emang banyak yg pada perawatan di klinik itu. Cuma pake krim sama obat minum, kulitnya udah keliatan bagus. Ada ibu-ibu duduk disebelahku dia tanya, "mbak mau periksa kulit juga?" Aku jawab, "nggak bu saya lagi nunggu adik saya beli obat di apotek." 
Tetiba si ibu curhat... 
"Oh.. saya kira lagi ngantri juga. Mbak jangan coba-coba ke dokter kulit mba apalagi kalo kulitnya nggak bermasalah."  
"Loh kenapa bu?" Tanyaku penasaran.
Si ibu nunjukkin wajahnya "Ini loh mba lihat aja kulit wajah saya sekarang jadi begini."
Aku mikir, eh iya ya si ibu serem gitu kulit wajahnya kok aku nggak ngeh sih 😐 Jadi ibu itu kulitnya merah banget kayak kepiting rebus malah cenderung gosong terus ada parut di kulit kayak luka bakar ditambah lebam-lebam gitu kulitnya. Antara serem sama kasihan liat ibunya 😢
Aku tanya lagi, "loo itu kenapa bu kulitnya kok bisa begitu?"
Ibu pun cerita lagi, "Saya dulu awalnya cuma pengin putih aja mbak, terus saya pergi ke klinik A. Awal pake kulit saya bagus mba mulus putih bersih. Tapi lama-lama nggak kuat duitnya karena di klinik A mahal. Akhirnya saya pindah ke klinik ini, eh malah kulit saya jadi begini. Ini aja saya lagi minta tanggung jawab sama dokternya buat balikin kulit saya lagi.
Aku bingung deh gak tau harus komentar apa saat itu sekaligus syok padahal aku pernah ke klinik A itu. Beruntung banget kulit wajahku kasusnya nggak kaya si ibu ini... 
Tetiba kepikiran.. Yaampun sekarang gimana kabarnya ya si ibuk udah sembuh belum :(
Gara-gara itu, aku jadi takut banget sama yg namanya klinik kecantikan. Udah diniatin gak mau ke klinik atau pake krim-krim aneh lagi. Sayangnya kulitku ini jerawatan parah dan mau nggak mau aku harus ke dokter kulit ataupun skin care buat nyembuhin. But, warning buat kalian yg mau ke skincare, klinik kecantikan atau dokter kulit pastikan mereka udah punya izin praktek dan produk-produknya aman digunakan.

Dari pengalaman ini aku jadi banyak belajar dan mencoba buat nggak sembarangan dalam menangani masalah kulit wajah. Karena kulit aku berjerawat, aku berusaha buat nyari produk-produk khusus kulit berjerawat tapi yg cukup aman digunakan. Nggak membahayakan kesehatan juga. Yang pasti ciri dari produk aman adalah hasilnya nggak instan. Mau produk paling bagus dan paling mahalpun mereka butuh waktu untuk memberikan hasil di kulit. Kadang sampai hitungan bulan, bahkan tahun. Yang paling penting juga, produk itu cocok-cocokan banget. Cocok di dia belum tentu cocok di aku. Jadi semua kembali lagi ke kondisi kulit kamu. Buat kamu yg punya masalah kulit atau sekedar kulitnya pengin mulus, cantik, putih, bersih plis banget jangan pake krim-krim begituan. Bukan lagi masanya kalian pake krim tapi nggak jelas asal usulnya. Sekarang informasi banyak dan gampang diperoleh, kalian bisa cari tau dulu. Pakailah produk yg udah jelas aman dan terdaftar bpom (kamu bisa cek nomor bpom nya di website bpom) atau kamu bisa pergi ke dokter kulit terpercaya. 

0 comments: