Tuesday 5 September 2017

Contoh Surat Rekomendasi untuk Melamar S2 dan Beasiswa

September Ceria!
Buat yang masih bingung bikin surat rekomendasi, coba sini kumpul tante ajarin 😁 Biasanya untuk mendaftar S2 ataupun mendaftar beasiswa pasti harus menyertakan surat rekomendasi. Beberapa universitas ada yg udah menyertakan surat rekomendasi... kita cuma tinggal download formatnya dan di print salah satu contohnya UGM. Tapi ada juga yang nggak menyertakan format. Jadi kita bikin sendiri sesuai imajinasi hehe. Sebenernya formatnya tuh bebas banget terserah mau dibikin kayak apa asalkan dalam surat itu mencakup beberapa komponen: 

1. Nama/ data pribadi singkat orang yg direkomendasi, 
2. Nama dan jabatan pemberi rekomendasi, 
3. Kolom keterangan untuk menulis kelebihan orang yg direkomendasi (ini ditulis sama pemberi rekomendasi, kamu sediain kolomnya aja)
4. Keterangan kamu akan melamar ke universitas mana/ melamar beasiswa apa untuk jenjang pendidikan apa.
5. Tanda tangan dan nama terang pemberi rekomendasi.



Sebaiknya surat rekomendasi sebelum dikirimkan, dibuat beberapa rangkap atau difotokopi dan dilegalisir. Karena nantinya kita bakal butuh duplikat surat rekomendasi ini untuk pemberkasan. Kepada siapa kita harus minta rekomendasi? Kalau untuk melamar S2 mintalah ke dosen pembimbing/ ketua jurusan/ dekan fakultas tempat kamu dulu kuliah S1. Kalau untuk melamar beasiswa on going kayak aku, mintalah ke dosen/ ketua jurusan/ dekan fakultas tempat kamu lagi kuliah S2. Tapi kalo baru lulus kuliah S1 buat daftar beasiswa S2 langsung (fresh graduate bukan on going) berarti mintanya ke dosen-dosen S1 kamu. Bagusnya surat rekomendasi minta ke yang punya jabatan, kalau bisa diusahain mintanya ke dekan fakultas. Pada saat minta surat rekomendasi jangan lupa melampirkan CV kamu biar pemberi rekomendasi bisa menilai. Kecuali kamu udah kenal dan deket sama orang yg ngasih rekomendasi. Ini salah satu contoh surat rekomendasiku untuk melamar beasiswa unggulan, kamu bisa modifikasi lagi format ini sesuai dengan keinginanmu.

PENILAIAN KELAYAKAN AKADEMIK
UNTUK MENERIMA BEASISWA UNGGULAN PROGRAM MAGISTER (S2)

Saya yang bertandatangan dibawah ini:
Nama             :
Jabatan           :
NIP                :

Dengan ini memberi rekomendasi bagi:
Nama              : 

Kelayakan akademik pelamar untuk mengikuti program pendidikan S2:
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saat ini, yang bersangkutan telah di terima di S2 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Tahun Angkatan 2015/2016. Saya memberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk memperoleh bantuan biaya Pendidikan S2, yakni Beasiswa Unggulan yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Demikian surat rekomendasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Pemberi Rekomendasi,


   ___________________

2 comments:

EKO said...

kak form surat rekomendasi dosen untuk s2 ugm itu bs di download dmnnya ya kak?

Putri Ardhya Anindita said...

Terima kasih tante atas informasinya :)