Tuesday 19 September 2017

Belanja di E-commerce, aman nggak sih?

Menurut kalian gimana gaes, aman nggak? Kalau berdasarkan pengalamanku fifty-fifty sih, tergantung e-commerce nya. Ada e-commerce yg menurutku cukup aman dan service-nya memuaskan. Ada juga yang menurutku kurang aman, karena aku pernah ditipu beberapa kali. Padahal belanjanya di e-commerce loh bukan lewat sosmed atau blog yg notabene jauh dari aman. Kok bisa sampe ketipu belanja di e-commerce? Ya siapa lagi kalau bukan kelakuan seller nakal. Jadi buat kalian yg berniat belanja di e-commerce harus bener-bener pilih seller yg terpercaya biar nggak kena tipu kayak gueh. Sebelum cerita tentang kronologis penipuannya, aku bakal cerita dikit tentang e-commerce. Disini kita buka-bukaan aja yah *sebut merek maksudnya*

E-commerce atau electronic commerce atau perdagangan elektronik adalah sistem jual beli yg menggunakan perantara perangkat teknologi. Sistemnya bervariasi ada yg full online ada yg separuh online. Contohnya nih belanja di Lazada itu full online karena semua transaksi dilakukan secara online dari pemesanan, pembayaran, hingga barang tiba di konsumen. Contoh lain yg separuh online itu Gojek pemesanan dilakukan secara online, pembayaran bisa secara online (go-pay) atau cash dan jasa ojeknya dilakukan secara offline/langsung. Di Indonesia sendiri e-commerce udah sangat menjamur ya, karena tren bisnis saat ini lagi mengarah ke pasar elektronik untuk jangkauan konsumen yg lebih luas. Ada Lazada, Mataharimall, Zalora, Berrybenka, Pinkemma, Shopee, Sociolla, Blibli.com, Q10, Jualo, Bukalapak, Qlapa, Tokopedia dan lain sebagainya. Dari beberapa e-commerce yg aku sebutin, udah pernah belanja dimana aja? Hampir semuanya udah pernah aku cobain! Warbiasa yaa.. maklum pecinta belanja online. Nah terus mana sih tipe e-commerce yg perlu diwaspadai? Bukan waspadai dalam artian negatif ya, tapi maksudnya kamu harus pinter-pinter ketika belanja di e-commerce itu.. karena pengalamanku udah pernah ketipu sama seller nakal yg bersarang di e-commerce.

Dulu aku pernah ketipu waktu belanja online lewat Facebook (abis itu kapok nggak pernah belanja di Facebook lagi) dan penipuan kedua yg aku alami ketika belanja lewat Jualo. Aku nggak bilang kalo platform jual beli ini menipu, tapi aku ketipu sama salah satu sellernya Jualo. Jualo ini modelnya kayak tokopedia, bukalapak dan OLX. Jadi kita bisa langsung kontekan sama seller dan pembayaran menggunakan perantara rekber milik perusahaan. Cukup aman dan terjamin ya jenis jual beli kayak gini, bisa menghindari tindakan penipuan juga. Itu juga yg mendasari alasanku beli kamera secara online, aku pikir cukup aman kalo belinya di e-commerce terpercaya. Waktu itu lagi cari kamera DSLR second, ketemulah tipe kamera dan harga yg cocok.. nemunya di situs jual beli Jualo. Ini kali pertama baru tau ada situs Jualo, setelah mencari tahu dulu ttg Jualo aku memberanikan diri kontak ke penjual kamera. Sayangnya... di keterangan situs dy adalah penjual yg nggak terverifikasi (kalo di keterangan Jualo sebaiknya penjual ini dihindari krn dy belum memberikan identitas lengkap dan belum terdaftar di rekber). Tapi aku pikir nanti kalo deal itu penjual bakal aku suruh buat transaksi lewat rekber.

Ilustrasi E-commerce


Kita sms-an, dia ngakunya gak punya WA/aplikasi chatting lainnya karena HP nya habis ilang (jadi dia pake hp jadul yg cuma bisa buat sms telepon). Dari percakapan meyakinkan banget (santai, nggak kayak penipu lain yg biasanya bahasa komunikasinya selalu terburu-buru bahkan di bela-belain telepon ke calon korban biar transaksi cepet deal). Dia ngakunya orang sumedang, namanya Yudi Solehudin (aku tau nama lengkapnya karena transfer dana DP ke dia). Kita sms-an sekitar 4-5 hari sampai akhirnya deal. Nah ketika aku minta transaksi lewat rekber, dia berkilah banyak alasan. Sampai akhirnya dia mencoba meyakinkan aku kalo dia amanah dan kalo perlu di DP dulu aja, pelunasan setelah barang udah bener-bener sampai. Setelah berdiskusi sama suami, akhirnya oke aku percaya dan bayar DP 250.000. Abis bayar DP itu dia bilang mau langsung kirim barang tapi kenyataanya ditagih nomer resi nggak bales sms lagi sampek sekarang barangnya juga nggak sampai-sampai. Disitu aku sadar, kalo aku udah kena tipu -_- Aku mau bilang kalo dia pake rekening bank  M*nd*ri buat penipuan. Agak kaget sih karena nggak biasanya bank ini berani dipake oleh oknum penipu. Ini nomer rekeningnya 13100140564** (hati-hati kalo kalian transaksi atas nama nomer rekening itu-btw buat yg mau tau nomer rek lengkapnya bisa japri ya via email). Karena gemes dan kesel abis.. akhirnya aku selidikin dia sampai ke akar-akar. Ternyata dia pasang iklan nggak cuma di Jualo tapi juga di situs-situs lain kayak OLX, tokopedia dan bukalapak. Dia pake nama yang beda-beda, punya 2-3 nomer telepon (nomer telepon yg dicantumkan di situs cuma itu-itu aja), barang yg ditawarin semua sama (kamera DSLR tapi tipenya beda-beda), dia juga tipe penjual yg belum terverifikasi. Aku sempet laporan ke Jualo, nggak komplen sih tapi melaporkan si penjual nakal ini untuk di blokir dan bilang untuk meningkatkan keamanan. Aku nggak bisa komplen karena itu juga kesalahanku sendiri nggak menggunakan rekber buat transaksi.

Pengalaman pahit kedua adalah ketika belanja di shopee. Sekitar bulan Mei-Juni kemarin aku bisnis baju lebaran dan barangnya aku ngambil lewat shopee. Di shopee transaksinya cukup mudah lewat aplikasi dan banyak seller yg jual barang-barang grosir ditambah fasilitas free ongkir juga. Sejauh aku transaksi di shopee alhamdulilah selalu aman dan barang cepet sampai. Sampek akhirnya aku beli  baju sebanyak 4 pcs ke seorang seller.  Baju pun tiba, dan apakah yg terjadi?? Model yg dia kirim beda dari model yg ada di gambar!! Beda banget 100%. Aku komplen ke seller langsung dan dia nggak mau ngaku salah pokoknya, aku ngancem nggak akan konfirmasi terima pesanan kalo ini baju nggak dituker (iyalah pesenan orang bajunya buk). Btw kalo nggak konfirmasi, duit nggak bakal dikirimin ke seller oleh pihak shopee. Karena si seller otak batu, aku komplen ke shopee dan lumayan riweh buat minta pengembalian dana karena aku harus ngasih bukti yg cukup kuat kalo si pihak seller ini emang salah. Setelah melalui proses panjang akhirnya aku menang dan duit dikembalikan 100% oleh pihak Shopee. Sayangnya aku harus nanggung ongkir pengembalian barang karena pihak seller lepas tangan gak mau tanggung jawab.

Masih mencari model baju itu, aku cari lagi ke seller lain dan model baju itu udah abis dimana-mana, setelah susah mencari aku pun dapet seller yg dia punya stok model baju itu. Aku pesen 4 pcs buat baju itu dan minta dikirim cepet karena buat dipakai lebaran (pesennya H-15 lebaran). Si seller menyanggupi. Tapi sampai 4 hari barang belum dikirim juga (ada notifikasi di aplikasi posisi barang dimana). Aku komplen buat cepetan dikirim atau duit di refund aja. Besoknya ada notifikasi kalo barang udah dikirim lewat JNE tapi penjual belum input resi. Ditunggu-tunggu 3-6 hari nggak dateng juga barangnya. Aku komplen lagi buat minta nomer resi dan dia berkilah banyak banget. Setelah mendekati lebaran nggak kunjung sampai juga barangnya dan tiba-tiba ada notifikasi kalo "pesanan telah selesai" dan dana udah di transfer dari pihak shopee ke penjual. Aku kaget banget dong, padahal aku belum mengkonfirmasi "menerima pesanan" tapi sistem shopee udah menyatakan "pesanan telah selesai". Aku komplen banyak banget ke shopee sambil maki-maki tuh seller penipu di chat pribadi, kasih dia bintang 1 di aplikasi, dan kasih testimoni negatif. Setelah di cek, eeeh ternyata banyak review dan rating dari pembeli lain yg menyatakan kalo dia itu seller penipu...barang pesanan pembeli nggak kunjung dikirimkan. Pendapatku tanggapan shopee cukup baik, dia memediasi antara aku sama seller penipu. Tapi sayangnya di kasus kedua ini penyelesaian dari shopee kurang memuaskan menurutku.. dan duitku akhirnya nggak balik sama sekali. Sejak saat itu nggak kapok sih belanja di shopee tapi lebih hati-hati lagi, selalu liat review komentar dan rating pembeli lain buat memutuskan beli di seller tersebut.

Pengalaman lain, pernah belanja di matahari mall. Aku belanja make up dan body care salah satunya beli sabun cair merk cottage dan itu lagi ada diskon... harga aslinya 89.000 jadi sekitar 59.000. Setelah sampai, ternyata itu sabun udah mau kadaluarsa 2 bulan lagi -_- yaa aku nggak terima dong, akhirnya aku mengajukan pengembalian barang. Alhamdulilah duitku di refund dan ongkir pengembalian barang juga ditanggung 100% oleh matahari mall. Kali ini puas banget sih, karena tanggapan dari mereka juga cepet dan cepet juga kasih penyelesaian masalah.

Nah itu tadi beberapa pengalamanku berbelanja di e-commerce. Kesimpulannya, meskipun e-commerce adalah situs jual beli yang cukup aman.. tapi nggak dipungkiri akan ada pihak-pihak yg mencoba mencari kelemahan dari "sistem-nya" e-commerce untuk bisa diselundupi tindakan penipuan. Aman sih cukup aman, karena dari sekian banyak bertransaksi lewat e-commerce terbukti sebagian besar aman. Saranku tetep harus hati-hati dalam berbelanja online. Rekomendasi orang lain, review pembeli, ratting dan komentar pembeli harus diperhatikan bagus enggaknya agar kalian sebagai pembeli juga nggak rugi. Hal lain yg juga harus diperhatikan adalah mempelajari syarat dan ketentuan serta panduan berbelanja aman versi e-commerce tersebut. Mungkin ada yg pernah punya pengalaman sama? Jangan lupa sharing di kolom komentar ya!!

0 comments: