Friday 17 November 2017

Perawatan Laser Acne di Super Skin

Lima taun sudah kulitku dihinggapi makhluk bernama jerawat! Ya Allah lamanya buu lima taun! Namanya juga cobaan ya, harus sabar-sabar sembari berusaha mengobati 😢

Source: Facebook Super Skin

Aku mau cerita, jadi di kota aku banyak banget bermunculan klinik kecantikan baru, salah satunya Super Skin. Tadinya aku udah nggak berminat lagi untuk ke klinik kecantikan, males harus perawatan pegel juga duitnya. Nah kenapa akhirnya aku memutuskan buat mencoba perawatan ke Super Skin? Jadi sejak awal kemunculannya, Super Skin ini punya jenis perawatan yang simpel banget. Mereka cuma punya beberapa jenis perawatan yang ditujukan buat masalah kulit seperti jerawat/flek hitam dan kulit normal buat yang pengin memutihkan atau mencerahkan kulit. Dan mereka gencar banget sama promosi 'lasernya'. Perawatan laser ini adalah salah satu jargonnya dari si Super Skin.

Sebenernya udah lama denger tentang laser, salah satunya laser untuk kulit berjerawat. Karena si laser ini fungsinya macem-macem nggak cuma buat kulit berjerawat aja. Laser ini katanya, salah satu perawatan yang cukup efektif buat mengatasi kulit berjerawat. Dulunya takut mau laser karena denger cerita ini itu tentang efek dari laser yang lagi-lagi katanya mengerikan, trus di laser juga sakit belum lagi harganya yang cukup mahal. Tapi di Super Skin ini menyediakan paket perawatan laser yg harganya menurutku cukup terjangkau, mulai dari 200 ribu-500 ribu sekali laser.

Setelah kepoin instagramnya, akupun memberanikan diri buat mencoba laser. Bismilah ya, namanya juga usaha siapa tau cocok dan jerawatku sembuh. Sepertinya dari hasil kepoin IG Super Skin menurutku laser nggak semengerikan bayanganku selama ini. Oke, jadilah aku kesana. Begitu dateng langsung konsul dokter, dokternya masih muda ramah banget, komunikatif ngejelasin ini itu, dan sabar mendengar curhatanku tetang si jerawat ini. Bahkan setelah kelar konsul dia tanya, "masih ada lagi yg mau ditanyakan mba?" Dokter kayak gini sebelumnya nggak aku temuin di klinik kecantikan manapun. Biasanya ngomong seperlunya, bahkan suka jutek malesin banget gak sih dokter macam begini 😐 Setiap kesana pun aku selalu ditanyain, gimana kulitnya ada masalah nggak setelah perawatan kemarin atau perubahan yang dirasakan apa?

Dokternya menyarankan sebelum laser buat facial acne dulu + jerawat yg gede-gede disuntik. Karena kondisi pas kesana tuh ada 4-5 jerawat batu yg pegel banget. Tapi aku tolak karena takut disuntik hiks, gak kebayang jerawat di suntik tuh gimana rasanya -_- Facial acne-nya juga aku tolak dulu karena masih trauma sama facial. Ditanyain juga mau ambil produk acne-nya nggak. Satu paket produk perawatan acne tuh ada cream pagi, cream malam, sun screen, acne gel, acne serum, milk cleanser, toner, dan facial wash. Mayan banyak yah. Dari semua yg ditawarin aku cuma ambil cream pagi sama malem aja. Buat yg lain-lain aku rasa nggak perlu karena sebenernya fungsinya sama buat kulit berjerawat sedangkan stok punyaku semuanya masih banyak, aku udah cocok sama mereka dan nggak berniat pindah ke lain hati 💗 Dokternya nurut aja, nggak maksain 💛 Oya, dokternya juga menanyakan, udah berkeluarga belum.. karena kalau hamil itu nggak boleh laser dan pakai cream pagi/ malam untuk jerawat. Perawatanya cuma boleh facial dan pakai serum jerawat aja.

Akhirnya aku langsung laser, sebelumnya kulit dibersihin dulu... yang bikin aku cinta nih ya, si mbak beautician-nya nawarin alisnya mau dibersihin juga nggak? Ah pengertian banget dia, kan males abis perawatan harus ngalis lagi (nggak pede kalo nggak pake alis hahaha). Jadilah alis sama lipstick-ku nggak di hapus. Di tempat lain juga aku nggak nemuin yg begini nih, biasanya ya di apus aja semuanya jadi harus dandan lagi kelar perawatan.

Masuk ke ruangan laser, yg nglaser dokternya langsung. Cepet sih cuma 15 menitan kelar. Katanya kan laser sakit ya, ternyata ah begitu doang cuma cekit-cekit dikit nggak ada apa-apanya dibandingkan acne peeling-nya Erha (tetepp ngebandinginya sama acne peelingnya Erha, ini perawatan paling menyakitkan yg pernah aku coba). Di bagian yg ada jerawat aktif-nya di tembakin laser khusus, rasanya agak anget panas gitu. Tapi yaa biasa aja sih rasanya hehe. Kelar di laser wajah dikasih sunblock dan dipesenin buat nggak pake toner & cream malem dulu selama 2 hari.

Aku sempet tanya ke dokternya harus berapa kali laser buat dapet perubahan maksimal? Kata dokternya tergantung tingkat keparahan jerawat. Ada yang 2-3 kali aja udah bagus, tapi rata-rata 5-6x laser. Jarak perawatan laser itu setiap 2 minggu. Setelah perawatan sampai 6x laser bisa dikurangi intensitasnya 1 bulan sekali buat menjaga kulit dari pertumbuhan jerawat. Harga acne lasernya 200 ribu sekali laser, tapi kalau ambil paketan harganya 500 ribu 3x laser. Dokternya juga bilang, harus di dukung sama pola makan karena itu ngaruh banget kayak misal jangan makan telor, coklat, keju, susu, gorengan dulu. Oh my Lord! Nggak bisa gueh, itu makanan favorit semua 😢 Aku nggak menghindari 100% sih, cuma mengurangi aja meski susah juga rasanya.

Setelah laser warna kulit jadi agak gosong tapi glowing berasa bersih gitu, aku merasakan efeknya baru 2 hari setelah laser. Jerawat yg gede-gede banget itu kempes, ada beberapa jerawat yg nglopek dan kayak koreng gitu item-item. Katanya itu efek dari tembakan laser, harusnya jangan di klopek karena nanti sembuh sendiri tapi tangan aku gatel banget pengin nglopek 😩 Selama 2 hari setelah laser aku nggak pakai produk skin care apapun. Cuma cuci muka aja pakai facial foam tanpa scrub dan cream pagi, malemnya pakai nature republic aloe vera. Tujuannya sih pengin lihat hasil dari lasernya. Selain itu takutnya juga wajahku jadi iritasi kalo dipakein macem-macem.

Apakah dengan memutuskan perawatan di Super Skin aku menghentikan semua perawatan harianku yang memakai produk-produk konvensional? Nggak! Skin care ku yg lama tetap aku pakai buat pelengkap perawatan kulit berjerawat. Jadi dulu itu sempet waktu perawatan ke klinik kecantikan aku cuma pakai produk-produk dari mereka aja dan produk lamaku aku buangin. Efeknya kulit bisa ketergantungan sama produk-produk tersebut. Tapi sekarang aku mencoba buat lebih berhati-hati lagi biar kulitku nggak ketergantungan. Cara pakainya pun aku coba buat campurin sama produk konvensional. Karena ini percobaan, jadi aku mencobanya hati-hati liat reaksi kulitku gimana cocok nggak. Dan alhamdulilah cocok.

Pagi : Cuci muka pakai facial foam (the body shop tea tree) → maskeran dulu (masker jerawat apapun kalo aku pake tea tree clay mask-nya Acnes) → setelah itu pakai NR aloe vera → acne spot gel buat bagian yg ada jerawat dan bekas jerawatnya (aku lagi pakai merk JF Sulfur) → cream pagi super skin → acnes UV-tint, bedak (Erha acne pressed powder) dan baru di touch make-up (lipstik, alis, blush on dll).

Kalau lagi nggak kemana-mana tahapan berhenti cuma sampai pakai cream pagi super skin.

Malem: ngebersihin make-up pakai viva milk clenaser & face toning → cuci muka pakai deep pore cleanser (lagi pakai clean & clear deep pore facial wash) → strong acid kangen water.
Nah pas udah mau tidur, dilanjut pakai NR aloe vera → acne spot gel JF sulfur → cream malem super skin.

Perawatan mingguan : Scrubbing, peel of mask, gel mask,

Aku kurang suka sih sama tekstur cream malem super skin karena agak lengket berat gitu di wajah dan baunya strong banget, bau banget obat. Yaa emang yg namanya cream malem dimana-mana kandungan obatnya lebih kuat ya dibandingkan cream pagi. Makanya kadang aku nggak pakai cream malem karena males sama baunya itu. Meskipun efek pemakaian cream malem suka sih, paginya wajah jadi lembut banget kenyal, warna kulit lebih cerah. Efek buat jerawatnya masih bingung bedanya apa juga nggak tau hehe. Mungkin aku harus lebih memperhatikan lagi perubahannya di jerawatku ini. Kalau krim paginya lebih enak. Baunya enak, ringan dan cepet meresap di kulit.

Dua minggu kemudian aku laser lagi. Rasanya ketika kedua kalinya laser kulitku berasa tipis agak sensitif dan sedikit perih tapi ya nggak parah. Setelah laser kedua ini aku menstruasi. Biasanya itu kalau menjelang mens jerawat batu nongol banyak kali ini enggak, cuma ada 2 jerawat batu dan jerawat kecil-kecil itupun cepet sembuhnya nggak separah ketika kulitku belum di laser.

Aku baru sebulanan pakai produknya Super Skin dan 2x nyoba perawatan lasernya. Belum kelihatan signifikan banget hasilnya tapii aku merasa kemunculan jerawat lebih terkontrol, lebih kalem. Beberapa jerawat yg membandel alhamdulilah sembuh dan kempes tinggal ilangin bekasnya aja. Oya klinik Super Skin ini baru ada 2 cabang ya, di Semarang & Purwokerto.. jadi kalau yg mau cobain yaa kamu harus dateng ke dua kota itu hehe.

Nah harusnya aku laser lagi nih buat yang ketiga kalinya tapi belum sempet kesana lagi. Sekaligus pengin lihat efek di kulitku gimana kalau telat laser hehe. Rencananya kalau kesana lagi mau memberanikan diri buat nyobain facial acne-nya sebelum di laser. Ya semoga cocok yah, nanti aku sambung lagi ceritanya di part kedua!

8 comments:

Weldha said...

Aku sebulan perawatan facial habis 900k ga ada hasil di superskin. Buang-buang duit aja :((

Skn Care said...

Blog yang bagus! Blog ini sangat informatif. Teruskan. Terima kasih telah membagikannya dengan karmi Perawatan Laser

Unknown said...

Emang perawatan nya 900 rbu apa aja kak kok gc ada hasilnya ??

Unknown said...

Sblmnya aku gak permah treatment apapun,kalo mau laser bisa ga ya?soalnya bekas jrwt gak ilang2?

Faradina said...

bisa kok kalau mau langsung treatment laser. dibandingkan pakai skincare, menurutku laser ini efeknya langsung dan lebih cepat dalam mengatasi jerawat. apalagi jerawat batu. Tp lebih baik sebelum treatment konsul dulu ke dokternya ya

Anonymous said...

Kak mau tanya dapat krim anti biotik sama anti iritasi di superskin terus pakainya duluan yg mana

Anonymous said...

Setauku krim anti biotik dulu baru setelahnya krim anti iritasi kak.

Anonymous said...

Krim iritasi dulu trus krim anti biotiknya baru dipakai. Krim anti biotiknya cuma di lulurkan di bagian wajah yang habis di cauter