Friday 13 October 2017

Blogger vs Konten Kreator

Lebih enak yang mana nih jadi penulis blog atau penulis konten di media daring? Tergantung konteksnya sih menurutku. Kalau kamu sekadar menyalurkan hobi menulismu, lebih enak nulis di blog. Tapi kalau kamu orientasinya ke pendapatan, peningkatan skill menulis, dan untuk menambah portofolio kamu sebaiknya menulislah di media daring.

Blogger

πŸ˜ƒ Kelebihan

  • Bebas mau nulis topik apa aja
  • Bahkan boleh copy paste
  • Bisa bebas nulis sesuai style kamu tanpa perlu memperhatikan tata bahasa, tanda baca, mau      ngalay juga boleh
  • Bebas berekspresi dengan halaman blog kamu, mendukung untuk modifikasi tema, posting foto/video.
  • Bisa ikutan kompetisi nulis blog 
  • Bisa edit tulisan kamu kapanpun

😑 Kekurangan

  • Nggak ada pemasukan, kecuali kamu pasang iklan atau google adsense
  • Harus pinter-pinter bikin artikel yg SEO friendly biar banyak orang yang baca blog kamu

Konten Kreator

πŸ˜ƒ Kelebihan

  • Dibayar, jelas dong tergantung jumlah view artikel.
  • Bisa belajar nulis dengan benar, karena masing-masing media daring punya standar kepenulisan.
  • Belajar bikin artikel original karya sendiri alias anti plagiarism.
  • Ibarat ikut kelas menulis, kamu bakal merasa lebih terbimbing dan termotivasi bikin tulisan yang berkualitas

😑 Kekurangan

  • Adanya aturan/standar kepenulisan membuat kesulitan buat nulis, harus hati-hati pilih topik atau artikel kamu nggak diterbitin.
  • Beberapa media daring memiliki sistem peninjauan artikel yg cukup lama. Bikin jengah nunggu karena kelamaan tanpa kepastian.
  • Dikit-dikit di tolak, salah nulis dikit bahkan kesalahan ejaan atau typo, salah tanda baca juga artikel bakal di tolak. Apalagi kalo kamu nulis artikel hoax dan berbau sara yg nggak jelas juntrunganya nggak bakal deh diterima.
  • Terlalu banyak syarat buat dapet penghasilan dari nulis di media daring.
  • Artikel yg udah diterbitin nggak bisa di edit lagi. So, pikir matang-matang sebelum mengirimkan artikel
Yaa masing-masing punya kelebihan dan kekurangan ya? Setelah 3 tahun nge-blog akhirnya aku mencoba untuk merambah dunia konten kreator. Media daring yang aku pilih adalah UC News. Ada beberapa media daring yang menerima kontribusi tulisan sekaligus membayar para creator-nya. Sebut aja jalantikus.com, babe, brilio dan lain sebagainya. Sebagian besar pendapatan kreator adalah berasal dari jumlah view. Jadi kalau artikelmu bisa viral, nggak usah ditanya berapa pendapatanmu. Semakin banyak view, semakin besar pendapatan. Lain lagi ada yang masih pakai sistem lama, artinya kamu kirim tulisan ke media tersebut. Kalau tulisanmu bagus dan layak bakal diterbitin dan kamu dapet kompensasi sejumlah uang.

Kenapa aku akhirnya pilih UC news, pertama yang download aplikasinya banyak berarti mereka punya basis pembaca yang banyak juga. Kedua, UC news punya aturan nulis yang cukup ribet dan riweh, berasa nulis tesis lagi pokoknya. Tapi justru itu bikin aku penasaran dan tertantang bisa nggak nih aku bikin tulisan yang lolos peninjauan UC news? Ketiga, buat belajar bikin artikel berkualitas. Keempat, ada bayaranya tapi nggak begitu ngarep karena aku masih jadi kreator pemula yang viewer artikelnya belum banyak. Kelima, ini nih yang jadi alasan utama.. dibandingkan media daring yang lain, waktu peninjauan tulisan di UC news tergolong lebih singkat. Dalam hitungan jam kamu udah bisa tahu status artikel kamu apakah diterbitkan atau di tolak. Dan kalau ditolak kamu dapet revisianya kenapa artikel kamu di tolak? Bener kan berasa nulis tesis. Oke lanjut, tapi kekuranganya adalah revisian dari UC news itu masih umum banget, aku harus mikir lagi dan mengamati sendiri kira-kira dibagian manakah komponen tulisanku yang bikin nggak lolos itu. Cukup memakan waktu emang, dan rada bikin males hehe.

Denger-denger media daring lainnya ada yang proses peninjauan artikel lama banget bisa sampai ber-bulan bulan. Kebayang dong kayak apa dongkolnya menunggu? Berasa di php-in 😝Lanjut ke UC lagi, seiring berjalanya waktu aturan nulis di UC news menurutku jauh lebih longgar nggak seketat dulu sih waktu awal-awal mendaftar. Kayaknya kok apa-apa nggak boleh gitu, sempet aku anggurin 2-3 bulan nggak nulis apapun saking nggak ada feel sama sekali karena terlalu banyak aturan. Kekuranganya juga aku kok ngerasa susah banget ya daftar jadi kreator di UC news.. yang link nya kadaluarsa lah, yang caranya bertele-tele lah. Sampai akhirnya aku daftar pake akun facebook dan alhamdulilah bisa 😫 Apa mungkin akunya yang terlalu gaptek? entahlah...

Nah sejauh ini dari 6 artikel yang udah aku bikin, 3 artikel diterbitin dan 3 sisanya ditolak. Nasib yang ditolak gimana? Bisa kok dibenerin lagi biar lebih sesuai sama aturannya UC. Buat yang pengin tau kayak apa tulisan yang lolos UC news ini aku kasih link tulisanku:

http://tz.ucweb.com/10_IC1b atau klik di sini
http://tz.ucweb.com/10_LGy8 atau klik di sini
http://tz.ucweb.com/10_Yd6Q atau klik di sini

Selamat mencoba, semangat menulis!!


1 comments:

nadhillahhehe said...

Iii mba artikelnya keren! Sangat mudah dipahami dan bergunaa sekali. Suka banget, makasi banyak yah!