Friday 13 October 2017

Tips Lolos Google Adsense

Akhirnya setelah mencoba berbulan-bulan, blog-ku ini lolos google adsense juga. Awal mulanya aku belajar dari panduan google tentang adsense. Aku pelajarin banget tuh se detil-detilnya. Nggak perlu aku jelasin panjang lebar, kamu bisa pelajari sendiri tentang ketentuan google adsense biar mantep (nggak mantep kalo nggak belajar sendiri hehe). Nah kesimpulanku jatuh kepada poin penting disetujuinya blog kamu untuk google adsense yaitu blog kamu udah punya postingan rutin  dan udah berjalan dalam kurun waktu tertentu (jadi bukan blog baru). Artikel harus relevan sama iklan google adsense. Jadi sepemahamanku, lebih baik blog mu punya tema yang konsisten. Misalnya, kamu beauty blogger yang isi blog kamu membahas tentang make-up/skin care dan segala hal yang berhubungan dengan itu. Atau kamu blogger travelling yang isinya tentang jalan-jalan. Tapi sayangnya blog aku ini random banget, apapun aku share nggak punya tema yang spesifik juga. Rada lesu dan merasa pupus harapan setelah baca ketentuanya. Posisi waktu itu aku udah ngeblog mau 3 tahun. Meski postingan belum rutin tapi udah tergolong cukup lah untuk syarat google adsense.

Aku pun memberanikan diri mengajukan adsense ke pihak google dan pemberitahuan disetujui enggaknya blog-ku adalah 2-7 hari kerja. Sekitar 3 hari kemudian dapet email dari google kalo blog-ku belum memenuhi syarat dan dikasih tahu juga kenapa nggak lolosnya. Aku lupa kenapa, karena aku cari lagi di email pemberitahuan penolakan adsense udah nggak ada tuh email. Setelah itu beberapa bulan kemudian aku ngajuin lagi masih di tolak, sampai tiga kali di tolak. Karena di tolak mulu, jadilah aku melupakan si adsense nggak begitu ngarep banget. Nah baru kemarin nih sebulanan yang lalu tiba-tiba kepikiran sama si adsense, iseng-iseng aku ngajuin lagi. Besoknya ada notif kalo blog aku disetujui adsense, yeyy!


Usut punya usut setelah aku selidiki dengan seksama kenapa dari dulu nggak lolos adsense adalah karena tema/template blog yang aku pakai itu nggak mendukung kolom adsense. Yaampun sesepele itu dan aku baru "ngeh" sekarang. Dulunya nih aku pakai tema/template blog dari designer lepas yang bisa aku download secara free. Secara tema mereka kece-kece dan kekinian banget jadilah aku selalu pakai tema-tema itu. Karena aku orangnya bosenan, sering ganti-ganti tema blog, kemarin nih nggak biasanya aku pakai tema klasik-nya (tema sederhana) blogger. Padahal biasanya males, karena biasa banget tampilanya. Jadilah aku modifikasi lagi si tema klasik blogger (utak atik font, background dan warna). Pernah pakai temanya blogger tapi bukan tema klasik, dulu aku pakai yang soho, contempo dan terkemuka. Mungkin tema-tema itu juga nggak mendukung tampilan adsense, buktinya pengajuan blog aku waktu itu di tolak hehe. Setelah ganti ke tema klasik blogger barulah aku ngajuin adsense buat yang keempat kalinya. Ini ngajuinya lagi iseng banget loh, karena lagi mood aja utak atik blog. Dan alhamdulilah lolos, ooOh jadi selama ini masalahnya tema blog toh? Jadi nggak ada masalah sama postingan blog-ku ini kan hihi *ngekek* Buat yang blog-nya nggak kunjung lolos adsense, coba di cek siapa tau itu cuma masalah tema/template blog kamu. Selamat berjuang yak!

0 comments: