Saturday 25 March 2017

(Review) My Daily Skin Care Routine for Acne

Lanjut dari postingan tentang review vitacid beberapa bulan yang lalu. Sekarang aku mau sharing tentang skin care harian yang rutin aku pake. Tentunya setelah terlepas dari berbagai cream dokter apapun itu ya. Dan sekarang beralih pada produk-produk biasa yang tersedia dipasaran dan dikhususkan untuk kulit berjerawat.

Sekitar lima bulan aku memakai Vitacid kulitku mengalami perubahan yang cukup baik. Produksi jerawat tiba-tiba berhenti. Ya Allah senengnyaaaa :'). Proses selama dua bulan awal memakai Vitacid itu cukup menyakitkan ya karena jerawat mateng nongol tiap hari tanpa henti. Dan sekarang seneng banget karena nggak ada lagi jerawat-jerawat mateng itu. Bahkan jerawat batu yang gede-gede juga mengempes. Masalah nggak berhenti sampai disitu karena bekas jerawatnya ini nggak oke banget. Aku mencoba cari-cari review produk yang merawat sekaligus menghilangkan bekas-bekas jerawat di kulitku ini. Setelah pencarian beberapa hari aku memutuskan untuk lepas dari cream dokter apapun itu dan membeli beberapa produk biasa khusus acne setelah melihat reviewnya yang cukup bagus. Aku juga udah stop pakai Larissa karena nggak cocok dan nggak akan balik lagi pakai produk-produknya. Ini dia produk-produk yang sekarang jadi skin care rutin aku.

1. Hada Labo Shrojyon Ultimate Whitening Lotion


Hada Labo Shrojyon Ultimate Whitening Lotion itu sejenis toner yang dipakai sebelum menggunakan perawatan wajah. Jadi setelah membersihkan wajah dengan facial foam, keringkan, dan pakai hada labo lotion ini. Bentuknya cair, bening nggak berbau. Mirip-mirip SK II ato secret key gitu wujudnya. Cukup tiga tetes aja udah bisa dipakai buat seluruh wajah, caranya tuangkan ke tangan, gosok merata dan usapkan ke seluruh wajah sambil di tepuk. Fungsinya untuk mencerahkan warna kulit, menyamarkan noda hitam, mencegah kulit kusam, menangkal efek radikal bebas, melembabkan dan melembutkan kulit. Sebenernya ada produk hada labo yang khusus kulit berminyak dan menghilangkan sebum di wajah, namanya hada labo gokujyun ultimate moisturizing light lotion. Tapi karena aku lagi fokus menghilangkan noda bekas jerawat, jadilah aku pilih yang ini. Lagipula untuk efek menghilangkan sebum udah tercover sama produknya acnes. Review ku sih ini produk cukup bagus untuk melembabkan, cuman pas dipakai agak lengket gitu dikulit. Yang aku rasain kulit jadi lebih kenyal dan elastis. Cukup membantu melembabkan dan mengurangi kemerahan akibat bekas-bekas jerawat. Karena pas kulitku terlalu kering, bekas jerawatnya merah banget dan mencolok gitu. Tapi untuk mengurangi noda hitam aku belum bisa lihat hasilnya sih. Saranku buat kulit berminyak yang pake produk ini sebaiknya pake bedak yang bisa kasih efek matte dan menyerap sebum. Karena kalo enggak bisa dipastikan kulitmu kayak kilang minyak, bisa lebih berminyak lagi.

2. Acnes Spot Care


Sumpah ini produk recomended pake banget!!! Awalnya aku nggak tahu kalo ternyata acnes punya produk perawatan kulit berjerawat yang cukup lengkap (taunya cuma facial foam-nya doang). Gara-gara iseng mencoba cari produk yang bisa merawat kulit jerawat sekaligus menghilangkan bekas-bekasnya. Nemulah si acnes ini, langsung cari review produknya. Belum menemukan review yang memuaskan sih tentang produk ini, rata-rata baru nyobain dan belum keliatan banget hasilnya. 
Aku beli acnes spot care di superindo harganya sekitar 35.000. Agak susah dicari di toko/swalayan biasa. Kebanyakan ada di swalayan besar kaya superindo, hypermart atau carrefour cukup lengkap sih produk acnesnya. Fungsi dari acnes spot care ini menyamarkan flek hitam dan noda bekas jerawat serta membantu melembutkan kulit kasar. Spot care ini bentuknya gel bening dan dipakai sehari dua sampai tiga kali. Ini dia hasilnya aku udah pakai sekitar tiga bulan dan suka banget sama spot care ini. Di bagian kulit bekas jerawatku kasar pake banget, kalo disentuh mbrenjel-mbrenjel gitu. Setelah pakai ini kulit halus banget jadinya (kayak dulu pas aku masih pake erha, kulitku haluuus bangett). Perlahan tapi pasti noda bekas jerawat memudar. Meski masih ada dan butuh waktu untuk bener-bener hilang. Tapi beneran deh memudar pelan tapi pasti. Biasanya aku pakai pagi sebelum beraktivitas dan malem sampe dibawa tidur. Pemakaian spot care di malam hari aku selang-selingin sama vitacid. Mengingat aku udah gak muncul jerawat lagi, hanya tinggal bekas-bekasnya aja. Dan spot care ini awet banget ya, udah tiga bulan pemakaian masih nyisa lumayan seperempat tube.. padahal aku pake hampir setiap hari.

3. Ances UV Tint


Acnes UV tint ini sejenis sunblock buat melindungi kulit dari panas matahari dengan kandungan SPF 35. Fungsinya sebagai sunblock, merawat kulit berjerawat dan sebagai base makeup. Aku beli di hypermart harganya 34.000. Warna UV tint ini agak beige gitu, tapi setelah dipakai akan nyatu dengan warna kulit wajah. Cukup ringan dipakai, nggak kayak pakai foundation yang berat banget dikulit. Aku pake uv tint setelah memakai spot care sebelumnya. Hasil pemakaiannya matte dikulit nggak menyebabkan berminyak dan cukup melindungi kulitku ini yang sering panasan. Sebagian besar masalah cewek berhijab itu biasanya mbelang ya dibagian kulit yang tertutupi dan tidak tertutupi hijab. Nah pemakaian UV tint ini cukup membantu agar kulit nggak mbelang dan nggak gosong meskipun sering panasan. 

4. Acnes Compact Powder
Awalnya sempet ragu beli compact powder ini karena warnanya itu loh natural beige. Sedangkan selama ini aku selalu pakai bedak transculent yang bening tanpa warna. Takutnya pengaruh gitu bikin jerawat makin parah. Tapi kuputuskan buat beli dengan harapan semoga cocok di kulit :D. Fungsi compact powdernya untuk menghilangkan sebum di wajah, merawat kulit berjerawat dan sebagai pelindung dari sinar matahari. Aku pakai buat finishing setelah pakai hada labo, spot care dan uv tint. Hasilnya? bagus, matte banget dikulit. Cocok pokoknya sama empat kombinasi produk ini di wajah. Nggak ada lagi ceritanya kulit merah-merah karena panasan. Ktika aku coba seharian beraktifitas dari pagi sampe sore, dan cukup mengontrol minyak di kulit wajah (padahal biasanya kalo sore udah kaya kilang minyak ni muka). Yang bikin aku tambah seneng, dulu waktu masih pake larissa kalo pakai bedak pasti banyak area kulit yang kering banget terutama di bagian mulut dan hidung. Efeknya kulit pada ngelupas kyk mbrudul gitu bikin tampilan nggak oke banget. Setelah aku pakai produk acnes hasil akhirnya bener-bener matte tanpa ada bagian kulit yang kering/mengelupas.

5. Acnes Creamy Facial Foam


Dulu sempet pakai acnes creamy facial foam sebelum pakai Erha dan memang cocok di kulit. Beberapa kali coba facial foam khusus jerawat nggak cocok karena setelah pakai kulit jadi kering dan kaku. Efeknya kulit tetep lembut dan elastis nggak ada efek kering dan kaku setelah pakai facial foam ini. Baunya juga nggak menyengat. Kadang kalo nggak pake yang creamy aku pake yang deep pore cleansing, yang ada butiran scrubnya. Hasilnya emang berasa lebih bersih pake varian deep pore cleansing sih.


7. Viva Susu Pembersih dan Penyegar Lemon


Setelah nggak pakai larissa, aku balik lagi ke viva susu pembersih dan penyegar. Ada dua varian untuk kulit berjerawat, lemon dan green tea. Pakai yang mana aja boleh. Nyaman dipakai, nggak menimbulkan iritasi di kulit, dan yang penting harganya murah banget cuma 5 ribuan aja. 


8. Facial Scrub/ Krem Penghalus Wajah Jeruk Sariayu dan Masker tomat bubuk Mustikaratu


Aku pakai ini buat peeling/scrubbing wajah yang dilakukan 1-2x seminggu. Fungsinya buat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Setelah pemakaian keliatan banget wajah jadi lebih fresh, bersih dan cerah. Katanya sih kalo kulit berjerawat nggak boleh scrubbing karena efeknya bikin tambah parah. Tapi untungnya aku nggak mengalami itu. Sebenernya nggak papa scrubbing asalkan dibagian kulit yang berjerawat jangan digosok terlalu keras, cukup perlahan saja. Nah kalo masker tomatnya ini aku pakai setiap habis scrubbing. Cara penggunaanya gini, wajah di uap dulu pakai air panas (bisa dicampur minyak zaitun/perasan lemon/jeruk nipis) kurang lebih 5-15 menit. Diamkan wajah sebentar, balurkan facial scrub ke seluruh wajah. Biarkan setengah mengering dan gosok kulit perlahan. Bilas dengan facial foam hingga bersih dan dilanjutkan menggunakan masker tomat. 

9. Biokos Deep Cleaning Gel Mask


Biokos Deep Cleaning Gel Mask sebenernya buat usia 30 tahun ke atas dan untuk kulit kering. Fungsinya sih untuk menjadikan kulit kencang, segar dan terlihat muda. Bentuknya gel bening yang bisa dikletek gitu kalo udah kering. Gel mask ini cukup membantu buat ngilangin kotoran di wajah atau komedo-komedo ringan yang ada di wajah (karena gel mask nya menempel cukup kuat). Tapi hasilnya nggak bersih-bersih banget, hanya mengangkat kotoran di wajah yang ringan-ringan. Setelah pakai gel mask ini wajah jadi kenyal halus gitu, recomended lah.

Hasilnya setelah rutin pemakaian kurang lebih selama lima bulan rutin memakai produk-produk di atas kulitku berangsur membaik. Meskipun belum bersih banget wajahku karena banyak bekas jerawat. Kadang kala kalo pas tamu bulanan suka muncul jerawat kecil tapi nggak banyak dan nggak parah. Kulit wajah juga nggak item ataupun kusem, meski nggak seputih ketika aku pake Erha dulu. Yaa.. warna kulit Indonesia lah kuning langsat gitu, haha. Tapi so far aku suka dengan kondisi kulitku sekarang karena lebih manusiawi. Nggak putih banget dan nggak kemerahan juga pas lagi panasan.

Aku mau kasih pencerahan dikit buat kalian (eciee) yang namanya kulit berjerawat itu rentan banget kumat kalo kita kurang bersihin wajah, stress, kurang istirahat, kurang minum air putih atau makan sesuatu yang memicu timbulnya jerawat. Percaya deh kalo jerawatan itu kamu harus tetep bahagia kuncinya.. jangan gampang stress, jangan banyak pikiran, dan jangan kurang tidur biar nggak berefek buruk di kulit. Aku pernah mengalami itu semua dan ampun deh jerawatku nongol semua main keroyokan T.T. Aku juga mau bilang kalo yang namanya menyembuhkan jerawat itu nggak harus ke klinik kecantikan kok. Nggak ke klinik kecantikan pun nggak masalah, kamu hanya perlu menemukan produk yang tepat dan cocok di kamu. Insha Allah, kondisi kulitmu akan berangsur membaik. Tapi kalo memang di rasa perlu karena kondisi jerawat yang sangat parah.. ada baiknya kamu ke dokter spesialis kulit yang bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Updated September 2017
Well karena postingan ini udah cukup lama, jadi banyak dari skin care aku yang berubah karena aku cobain produk ini dan itu. Buat tau sekarang aku pake apa aja, bisa klik link di bawah ya (bagian baca juga). Thanks!

Yuk baca juga:
Review the body shop tea tree series
Review la tulipe acne lotion
Review acne pressed powder erha
Review vitacid salep ampuh pengusir jerawat

2 comments:

Unknown said...

Mbak mau tanya dong, kalo mau beli produk hada labo di jogja dimana yah ?

Faradina said...

Hai Safitri.. cari hada labo di Jogja gampang kok,, di Superindo, carefour, hypermart, guardian, century atau di swalayan-swalayan besar juga banyak...