Monday 22 May 2017

Wisuda Pascasarjana UGM

Yeaaaaaaaaaaaaaayyy!
Akhirnya wisuda! Alhamdulilah selesai sudah studi S2 ini yang ditempuh dengan berdarah-darah 😁 dan tepat waktu sesuai targetku bisa wisuda 19 April 2017. Yang bikin aku lebih bersyukur lagi adalah aku bisa menyelesaikan S2 ku ini dalam waktu 1,6 tahun. Menurutku 1,6 tahun itu udah cukup singkat tapi ternyata ketika kemaren prosesi wisuda ada yang bisa nyelesein S2 dalam waktu setahun aja, IPK-nya 4.00 pula. Otak macam apa itu 😆 Aku jadi mahasiswa pertama yang lulus dari angkatan 2015. Temen-temenku bilang aku kecepetan. Sebenernya enggak juga sih, karena sejak aku mengerjakan proposal tesis semuanya aku rencanakan dengan baik. Meski untuk mencapainya amat sangat nggak mudah. Karena hingga sekarang aku nulis ini bahkan masih ada temen seangkatanku yang Bab 1 pun belum selesai :(




Sebelumnya aku pernah posting disini tentang pembuatan rencana waktu tempuh studi S2 untuk beasiswa unggulan. Ternyata perencanaan waktu tentang studi S2 yang dulu aku buat memang sangat berguna. Di awal mengerjakan proposal tesis, aku buat ulang perencanaan waktu khusus untuk mengerjakan tesis. Aku targetin dengan jelas beserta tanggal dan harinya kapan harus selesai mengerjakan proposal, kapan seminar proposal, kapan harus bimbingan, ngerjain revisian, kapan mulai terjun penelitian dan kapan aku harus sidang tesis. Aku bikin se-detil detilnya. Karena apa? kalo nggak begitu entahlah kapan akan lulus haha. Faktanya jika bersungguh-sungguh dan disiplin mengikuti perencanaan waktu yang dibuat Insha Allah semesta pun akan mendukung. Meskipun pada prakteknya sempet ada waktu yang nggak pas alias molor-molor dikit dari target yang ditentuin. Tapi sejauh ini nggak masalah, karena kenyataanya emang adaaa aja kejadian nggak terduga yang sedikit menghambat kelancaran mengerjakan tesis. Kalo aku flashback lagi inget saat-saat mengerjakan tesis itu gila banget. Aku hampir setiap hari ngampus, ngerjain tesis di ruang belajar atau perpustakaan.. dateng pagi banget pas perpus baru buka dan pantang pulang sebelum perpus tutup. Kadang kalo lagi mood, weekend pun aku ngampus. Gilanya kalo ngampus udah kayak orang mau pindahan, selalu bawa tas dua gede. Satu isinya laptop, charger hp, buku-buku, jurnal.. tas satunya lagi isinya perlengkapan cewe 😁 ada makeup, mukena, cemilan, air minum. Yaa maklum seharian ngampus rempong kalo gak bawa perlengkapan macem-macem. Kalo lagi bosen dan eneg ngerjin tesis aku pergi nge-mall sama temen-temenku seharian, gilanya lagi pulang nge-mall malemnya begadang sampe pagi ngelanjutin garap tesis haha. Lucu, dan heran kok bisa sih aku melalui masa-masa itu 😆 Adik aku sempet main di Jogja liburan seminggu dan nginep dikosanku. Seminggu itu aku full dari pagi sampe sore nemenin dia jalan-jalan di Jogja,, malemnya? tetep ngerjain tesis lagi.. meski rasanya capek banget badan kek digebukin. Senggaknya aku harus ngeluangin waktu minimal 2-4 jam sehari buat nyentuh tesis-ku. Kalo kata dosenku, dia ngasih tips biar cepet kelar nulis tesis... caranya luangin waktu setiap hari minimal satu jam buat nulis tesis. Kalo lagi nggak mood, kamu bisa ngelakuin hal lain kayak bikin daftar isi, bikin outline, atau "kulak" bahan (cari-cari referensi/ baca jurnal atau buku yg sesuai dengan topik tesis). Menurutku tips dari dosenku ini cukup berguna sih, dan aku berusaha menerapkan.

Dulu sebelum aku masuk UGM banyak orang-orang diluar sana yang bilang kalo masuk UGM itu susah, tapi keluarnya lebih susah lagi (maksudnya banyak yg nggak lulus-lulus gitu). Ada benernya juga sih omongan orang-orang itu. Tapi nggak sepenuhnya benar juga. Awal kuliah S2 aku nggak kepikiran bakal bisa lulus kurang dari 2 tahun, pikirku yang penting bisa lulus tepat waktu aja udah syukur alhamdulilah banget. Makanya aku nggak ngarep yang neko-neko soal lamanya waktu kuliah. Semua berubah begitu aja ketika aku mulai mengerjakan tesis dan melihat support dari dosen-dosen. Mereka sangat terbuka menerima mahasiswa yang pengen cepet lulus buat konsultasiin topik tesisnya. Di awal pengerjaan proposal karena kita belum dapet dosen pembimbing, kita diperbolehkan konsul sama siapapun dosen yg kita pilih (yang penting janjian aja). Enaknya lagi kalo nggak puas sama dosen satu bisa minta pendapat juga sama dosen yg lain. Dengan cara ini mungkin kita bakal dapet banyak sudut pandang dari pendapat dosen tentang topik tesis tapi di sisi lain juga makin mumet dan bingung saking banyaknya pendapat hehe.

Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan lamanya waktu tempuh studi S2 antara lain ada yang udah kerja (kuliah nyambi kerja), ibu-ibu yang pada sering ambil cuti, ada yang karena bolak balik ganti topik tesis, dosen pembimbingnya susah ditemuin, dan ada juga yang males (ini yg sebaiknya  jangan). Yang mengakibatkan kenapa aku bisa cepet ngerjain tesis adalah aku nggak pernah menunda waktu. Aku berusaha memanfaatkan setiap waktu yang luang untuk mengerjakan tesis. Beberapa temenku kenapa mereka lama mengerjakan, karena banyak yang ngilang begitu aja. Ya males lah, mager, gabut mau garap tesis. Ada juga yang pulang kampung dan mereka asik main males balik ke jogja lagi 😁. Bersyukur banget aku juga dapet dosen pembimbing yang nggak neko-neko, gampang ditemuin, nggak moody, nggak minta macem-macem. Karena dosen yang susah banget juga adaaa.. Bahkan temenku ada yg setiap mau nemunin pembimbing harus siapin mental dulu, yg deg2an lah, yg keringat dingin.. duh kasian banget pokoknya mereka 😟. Ada juga dosen yang sering pergi2 ke luar negeri jadi bikin mereka susah banget buat ditemuin. Bisa juga karena dosen yang susah ini bikin menghambat tesis cepet selesai. Yaa sama aja lah kayak pas ngerjain skripsi, dosennya macem-macem, mahasiswanya juga macem-macem. Tapi yang pasti kita harus berjuang semaksimal mungkin, harus muka badak alias nggak punya malu tiap hari nguber-uber dosen. Yang penting juga memanfaatkan setiap waktu luang jangan sampai menunda-nunda. Mudah-mudahan buat yg mau S2 atau yg udah S2 tapi lagi ngerjain tesis bisa tetep semangat ya ^.^

2 comments:

Anisa Fira said...

Mbak Fara selamaaaat! Semoga gelarnya barokah dan bermanfaat buat semua orang ya Mbak!

Btw aku dulu sempat tanya-tanya tentang kuliah S2 di UGM dan alhamdulillah keterima mbak kemarin hehe. Makasih lho mbak atas jawaban pertanyaanku tempo hari, dan doakan semoga aku bisa segera nyusul Mbak Fara wisuda ya! :)

Faradina said...

Halo Anisa..

Waahh senengnya yaa udah diterima S2 :D semoga sukses yaa dengan kuliahnya, dan selamat berjuang hehe.
Btw makasiihh ucapan selamatnya ya :D