Monday 10 April 2017

Jalan-jalan ke Taman Balekambang Solo

Tahun 2016 lalu pas liburan natal suamiku dateng ke Jogja buat jengukin sekaligus main di Jogja. Kita berdua juga menyempatkan diri buat ke Solo ke rumah tanteku yang waktu itu baru lahiran anak pertama. Jadilah kita berdua nengokin dedek bayi gemes ke Solo. Kita berangkat agak siang sekitar jam 11 dan baru nyampe rumah tanteku jam setengah 2 siang. Kondisi lalu lintas cukup padet karena libur panjang, jadilah agak lama nyampe Solo. Lucunya  selama perjalanan ke Solo banyak banget orang-orang dipinggir jalan sambil ngadang bus minta mbunyiin klakson haha. Waktu itu emang lagi heboh-hebohnya om telolet om. Dan kita kaget karena sampe seheboh itu ternyata kita liat sendiri banyak orang disepanjang jalan minta telolet 😅

Jadilah kita nengokin dedek gemes trus si om tanya, habis ini mau kemana? Masa jauh-jauh ke Solo cuma kesini aja. Emang dasar ya si om kompor, niatnya kita nggak mau kemana-mana malah jadi pengen main, padahal kondisi udah sore jam setengah 4. Kitanya juga bingung di Solo tuh mau main kemana, biasa di Jogja banyak tempat wisata 😐. Si om nyaranin ke Tawangmangu, tapi suami nggak mau karena kondisi jalan pasti rame banget, belum lagi besok dia udah harus pulang ke Purwokerto pasti capek banget nanti di jalan. Akhirnya aku tanya, tempat yang deket-deket sini aja mana om? Si om mikir bentar trus nyaranin ke taman bale kambang. Katanya tempatnya bagus, hutan kota gitu banyak pohon-pohon jadi adem nggak panas & banyak hewan-hewan yang dilepas di dalam taman bale kambang kayak rusa misalnya. Yang bener nih om bagus nggak? Om udah pernah kesana belum? tanyaku. Si om dengan innocent dia bilang belum pernah -_- yakali ngerekomendasiin tempat yang katanya bagus tapi belom pernah kesana? Kan kzl, kalo zonk gemana haha.

Sorenya jam 4 kita capcus kesana bermodal google maps (karena nggak tau jalan). Agak bingung sih sama pintu masuknya, karena katanya ada beberapa akses pintu masuk. Kita lewat pintu masuk yang depan jalan dua arah jadi harus puter balik dulu. Sesampainya disana, dari depan agak sepi. Tapi begitu masuk lumayan rame di dalem. Tiket masuknya juga murah, dan pak penjaganya bilang taman cuma buka sampe jam 6 sore aja. 

Lagi-lagi untuk kesekian kalinya ke lokawisata agak kaget ya kesini, agak zonk juga. Pertama, tamanya oke, fasilitas lengkap dan banyak rusa berkeliaran (seneng bgtt liat rusa dimana-mana) tapi kotor banget, nget, nget, nget. Apa mungkin karena hari libur jadi kotor banget begini? I dont know. Yang jelas pihak taman sudah menyediakan tong sampah tapi lagi-lagi pengunjung nyampah dimana-mana. Mereka gelaran tikar dan meninggalkan sampah dimana-mana. Aku menggambarkan kondisi taman waktu itu lebih mirip TPS mungkin 😢. Kedua, banyak kendaraan baik mobil/motor parkir didalam taman. Parkir seenaknya mengganggu keindahan taman. Aku nggak paham apa mungkin konsep taman ini mirip kebon binatang safari yang pengunjungnya bisa jalan-jalan di dalem pake mobil? Atau gemana sih tolong ada yg bisa jelaskan? 


Rusa-rusa dan sampah

Kalo aku baca-baca artikel katanya nggak cuma ada rusa di taman ini tapi juga ada monyet dan angsa tapi waktu itu aku nggak liat.. cuma liat rusa aja. Yaa sebenernya bukan hewan buas juga kan ya, jadi pengunjung nggak harus sampe bawa mobil ke dalem taman? Nanti kalo hewan-hewan disana ketabrak mobil gemana? Katanya juga disana ada fasilitas perahu kayuh, kereta kuda dan mobil-mobilan buat akses pengunjung jalan-jalan di taman ini. Tapi kemaren cuma liat ada kereta aja sih disana. Padahal aku parkir mobil juga diluar taman loh.

Banyak mobil di dalam taman

Ini rusa yg makan sampah plastik

Yang bikin patah hati ada rusa yang makan sampah plastik gara-gara saking banyaknya sampah-sampah di sana 😩 Aku sama suamiku sampe ngejar itu rusa buat ngambil sampah plastik di mulutnya. Sayangnya nggak kekejar karena tiba-tiba dia lari kenceng banget. Padahal udah pelan-pelan kita ngedeketinnya. Taman ini sebenernya bagus, asik buat bersantai bareng keluarga tapi pliss kalian pengunjung jangan pada nyampah dong kalo kesini 😢. Paling kesel emang yang namanya wisata di Indonesia tuh begini, banyak sampah, kotor dan kadang-kadang banyak pungli.. dimintain duit ini itu lah ato parkirnya mahal bgt (tapi nggak semua lokawisata begini ya, banyak juga yg udah bagus). Harapanku semoga taman ini bisa lebih dibenahi lagi agar kondisinya indah dan bersih.

0 comments: