Monday 3 April 2017

Diengku yang cantik nan malang

Tanggal 1 januari 2017 pas liburan taun baru aku dan keluarga suamiku pergi berlibur ke Dieng. Karena ceritanya nih bapak ibu mertua sekaligus adik iparku belum pernah kesana,  pas banget karena aku sama suamiku lagi senggang jadilah kita liburan kesana. Sebenernya agak ragu sih ya mau ke Dieng pas liburan taun baru gini takutnya macet rame gitu jalannya. But.. aku inget dulu pas ada festival Dieng Culture aku pernah kesana sama keluargaku dan kondisinya memungkinkan. Maksudnya nggak macet gitu masih bisa dikondisikan lalu lintas disana. 

Berangkatlah kita jam 5 pagi setelah shalat subuh dan sampai Dieng puncak jam 10 pagi. Begitu memasuki kawasan wisata ternyata maceeet bangeet, lalu lintas semrawut. Jalan raya menuju Diengnya sih lancar jaya nggak macet. Bagian yang macet itu cuma di jalan melingkar yang mengelilingi kawasan wisata Dieng.  Yang udah pernah ke Dieng pasti paham maksudku. Nggak ada pengaturan lalu lintas yang menurutku bisa dijadikan solusi seperti misalnya jalan satu arah. Itu kan sebenernya jalan sempit banget, dan di kondisi liburan begini tetep dibikin dua arah yang alhasil mobil mandeg gak bisa bergerak sama sekali.  Belum lagi disepanjang jalan melingkar banyak hotel/homestay yang mereka itu nggak punya lahan parkir. Sedangkan mobil-mobil tamu pada parkir dipinggir jalan, tapi parkirnya ngawur banget bikin macet. Rencana kita mau mampir ke lokasi wisata secara berurutan mulai dari telaga warna, kawah sikidang,  candi arjuna, dan kalo sempet mau ke telaga menjer. Waktu tempuh yang bisa dicapai dalam waktu 5-15 menit jadi 2-3 jam! Niatnya mau berlibur ya malah begini situasinya -_-

Yang bikin aku sedih banget liat lokasi wisata Dieng itu kotor banget sekarang 😭entah karena kondisi habis tahun baru ato mungkin hari-hari biasa juga begini entahlah. Terakhir aku ke Dieng itu November 2014 dan kesini lagi awal 2017. Udah hampir 2 tahun yang lalu ya, tapi banyak banget yang berubah. Menurutku bukan perubahan yang baik pula. November 2014 aku kesana pas weekend buat ke puncak sikunir. Situasi lokawisata waktu itu juga cukup ramai karena pas weekend. Lumayan ramai meski nggak seramai pas taun baru kemaren. Tapi aku ngeliat Dieng yang dulu masih bersih, asri, alami. 

Pertama aku ke telaga warna, agak semrawut gitu pintu masuknya. kondisi toilet kotor dan bau. Entahlah kapan toilet di lokawisata bisa bersih? Selain itu kondisi di telaga warna masih oke sih. Banyak spot baru yang baru aja di eksplorasi kayak bukit pandang. Hanya saja di depan lokawisata sampah berserakan dimana-mana, kotorrrr sekotor kotornya. Tempat parkir juga nggak memadahi. Parkirannya nggak bisa menampung jumlah wisatawan yang membludak di hari-hari tertentu. 

Yang paling bikin patah hati itu di kawah sikidang πŸ’” kondisi disana jadi kumuuuuuuuhhh banget. Aku benci, sebenci-benci-nya liat kawah sikidang dibegituin 😭. Dulu suanana disana masih alami banget. Sekarang? Pertama pintu masuknya nggak jelas disebelah mana, yang dulu jadi pintu masuk sekarang ditutup. Trus aku masuknya nyelip-nyelip gitu lewat kebon?! Ada persewaan motor tril-trilan disekitar kawah. Haloooo.. ini kawah loh, situ tril-trilan disekitar kawah kalo nyemplung gemana??? Belum lagi soal nyemplung ya, kita para pengunjung jadi nggak bisa leluasa berjalan-jalan di area kawah karena mereka yang pada tril-tril-an mengganggu pengunjung yang lagi menikmati suasana kawah. Suara motornya itu juga loh brisik, bikin polusi! Disekitar kawah banyak dipasangin spot-spot foto yang menurutku malah bikin norak. Spot foto yang aku maksud kayak misal ada lambang cinta terus ada tulisan-tulisannya (duh gemana ya ngejelasinya, haha). Itu spot foto nggak cuma satu jumlahnya bahkan sampe puluhan mungkin, nemplok dimana-mana. Yang bikin kaget? itu spot foto berbayar semua, bahkan tikar-tikar yang ditaroh disitu juga bayar. Bayar ke siapa? ya ke yang punya wilayah spot foto itu. Aku mikirnya, setiap warga jadi kayak punya daerah kepemilikan ato wilayah kekuasaan sendiri di kawah sikidang itu. Ini sebenernya kawah sikidang punya sapa sih T.T. Padahal kita kesana pengen foto sama kawahnya yang masih asli alami bukan sama spot-spot foto begituan 😒. Penjual/pedagang-pedagang disana makin banyak, dan mereka berjualan makin deket sama area kawah. Padahal dulunya nggak gitu loh. Bener-bener nggak di tata dengan rapi para pedagang disana. Ibarat baju, kawah sikidang itu baju yang udah compang-camping.. lusuh dan banyak bolong (sedih banget harus bilang gini 😑). Nggak ada kemajuan sama sekali liat Dieng begini. Padahal Dieng itu destinasi wisata yang cukup seksi dan punya festival-nya sendiri. Peminat wisatawan buat berkunjung ke Dieng juga cukup tinggi. Nah kalo kondisi Dieng begitu terus nggak ada penataan dan perbaikan? Jangankan bule, aku juga ogah lah kesana lagi 😒

Tempat wisata terakhir yang aku kunjungin adalah candi Arjuna. Aku seneng liat area candi Arjuna banyak menyediakan tempat sampah disekitarnya. Maksudnya biar pengunjung buang sampah nggak sembarangan. Tapi tetep ya?orang Indonesia kesadaran buang sampahnya masih rendah. Tempat sampah udah disediain yaa masih aja yaa. Kali ini aku kesel sama pengunjungnya bukan sama tempat wisatanya. Kondisi candi lagi di pugar, dan entahlah selesainya kapan. Karena dulu pas 2014 kesini kondisi candi juga lagi dipugar, dan sekarang masih dipugar.

Asli aku kesel banget liburan kesini, kesel dan nyesel juga. Keluarga suamiku bahkan nggak sempet ngeliat gemana alami-nya Dieng dahulu kala. Aku inget banget dulu pertama kali kesana pas jaman SMA. Setelah itu selalu kangen buat balik lagi ke Dieng. Sayang banget juga aku nggak sempet fotoin kondisi disana waktu itu, jujur aja aku ngedumel sepanjang jalan saking keselnya liat Dieng yang sekarang. Nggak cuma aku sih, suamiku ikut ngomel, bapak mertuaku ikut komen-komen liat Dieng yang begitu haha 😞 Sejak pertama sampe taun 2014 mungkin 8 kali udah ada deh kesana. Sekarang, entahlah aku hanya bisa berharap semoga Dieng di tata kembali biar lebih apik, rapi, bersih tanpa menghilangkan kondisi alaminya. Namanya juga wisata alam ya, ecotourism. Kalo situasinya udah nggak alami lagi namanya wisata apa dong?

0 comments: