Thursday 28 April 2016

Yuk, Merawat Kulit Berjerawat!

Masalah jerawat emang nggak pernah ada habisnya, satu ilang eh yang lain nongol atau yang lebih parah lagi dateng keroyokan. Aduhhh pusing deh menghadapi jerawat, rasanya hayati lelah bang (lebaaaayyy). Kali ini aku mau share nih pengalaman pribadiku sendiri. Sebagai salah satu orang yang juga berjuang melawan musuh (jerawat), penting buat nge-share ilmu ke temen-temen yang juga mengalami nasib serupa, hiks sedih :(

Sedikit cerita yah awal mulanya berjerawat, dulu nggak pernah tuh yang namanya ada jerawat dan bekas jerawat di wajah. Paling nongol satu dua abis itu ilang ditelan bumi. Muka bersih cling, mulus luus kayak jalan tol. Tapi suatu waktu karena waktu itu masih jaman kuliah (jaman alay) mulai centil dandan, suka pake make-up, dan tergoda buat perawatan wajah (facial, cream dokter) dari situlah jerawat berdatangan satu persatu.

Kalau masalah dandan dan ber-make up menurutku sih no problem, karena sehabis pakai make-up selalu dibersihin. Nah kalau yang satu ini nih soal perawatan wajah yang jadi biang keladinya. Awalnya makai cream dokter karena ngikut mamah yang juga perawatan dokter karena ngobatin sakit kulitnya (vertiligo). Aku makai cream yang buat mutihin wajah sama mencegah jerawat. Alhasil wajah putih dan glowing, sampai temen-temen pada tanya aku makai apaan, kulit muka bisa putih glowing gitu. Setelah itu aku tertarik buat facial, peeling wajah dan aneka perawatan wajah lainnya. Sayangnya dulu aku perawatan wajah berani coba-coba. Kalau ada tempat baru dan diskon, langsung ngiler dan di jajal deh. Padahal (baru akhir-akhir ini taunya) buat perawatan wajah harus konsisten di satu tempat buat menghindari adanya berbagai reaksi di kulit wajah kita kalau nggak cocok dengan produk di skincare/ dokter itu. Apalagi kulit aku sebenernya sensitif banget, huhuuu.

Menjelang satu tahun akhir kuliah mulai deh muncul jerawat, di pipi sebelah kanan bagian bawah (deket dagu) dan munculnya pritilan langsung ada tiga! yang satu gede, lainnya bibit jerawat. Jerawat itu ngebekas sampai sekarang dan selalu kumat muncul klau lagi masa PMS. Jadinya nggak ilang-ilang deh :( 

Sejak ituu.. muncul deh jerawat satu persatu, sampai muka pernah ngalamin breakout banget karena jerawat yang grudugan di tambah bekas jerawat yang juga tak kunjung hilang. Karena kondisi wajah yang lumayan bikin nggak pede, aku langsung fokus buat ngebersihin wajah dari jerawat-jerawat bandel. Waktu itu dan sampai sekarang masih trauma sama skincare atau klinik kecantikan. I dont trust them, forever! Aku mulai pikir otak dan cari info sana-sini buat ngilangin jerawat tanpa melibatkan yang namanya klinik kecantikan! Aku juga mulai menghentikan pemakaian cream dokter karena sempet mengalami iritasi kulit di lekukan hidung kanan-kiri dan lekukan bawah bibir. Jadi tuh nggak cuman iritasi merah aja tapi juga rasanya itu perih banget kayak di beset silet gitu. Dan dibagian kulit yang iritasi selalu mengelupas, efeknya ke make up deh bikin nggak rata karena dibagian-bagian itu selalu pecah hasil make up nya.

Nah namun berhubung aku mau menikah (ciyee) jadi butuh banget yang namanya pengobatan jerawat dan akhirnya aku pake Erha (bisa baca postingan aku yang sebelumnya. Alhamdulilah sejauh ini cocok dan muka berangsur-angsur membaik. Tapi buat temen-temen yang memang nggak mau menggunakan perawatan wajah dari skincare tertentu atau dokter kulit, bisa juga di coba menggunakan skincare yang umumnya ada dipasaran / menggunakan bahan-bahan alami.

Tapi berdasarkan pengalaman melawan jerawat kurang lebih selama hampir 3 tahun (lama bener ye) ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan yang cukup berpengaruh bagi kondisi kulit. Asalkan kuncinya adalah mau sabar dan telaten: 

1. Pola hidup sehat
2. Menjaga kebersihan kulit
3. Menggunakan kosmetik yang cocok untuk jenis kulit.

Yuuuk cin kupas tuntas satu per satu..

1. Pola Hidup Sehat.

Ini salah satu hal utama yang penting banget buat diperhatikan. Kalau mau menghilangkan jerawat, harus mau merubah pola hidup yang awug-awug-an menjadi pola hidup sehat. Nah apa aja sih bentuk dari pola hidup sehat itu?

a. Perbanyak minum air putih
Yap! banyak minum air putih jadi urutan pertama, idealnya kita minum 8 gelas sehari atau setara 1 liter air. Kalau aku buat takaran biasanya konsumsi pakai botol minum yang ukuran setengah liter. Jadi dalam satu hari aku harus habis minimal 2 botol minum, lebih banyak lebih bagus lagi sih. Banyak minum air putih berguna banget buat proses pencernaan, kesehatan ginjal dan termasuk buat kecantikan kulit juga. Minum air putih harus diimbangi dengan menghindari minuman-minuman pabrik yang nggak sehat. Seperti soda, minuman kaleng, minuman-minuman manis lainnya yang banyak mengandung pemanis buatan & pengawet. Hindari sebisa mungkin, dan ganti dengan air putih.

b. Olahraga teratur
Dulu pernah ngeyel nggak percaya waktu dibilangin mas pacar kalau sering olahraga itu membantu kulit biar tetap bersih dan sehat. Tapi setelah aku praktekan sendiri, its work! Ketika kita berolahraga, kita akan mengeluarkan keringat, dimana di dalam keringat itu terdapat racun/toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan menurutku dengan rajin berolahraga kulit tampak lebih kenyal, moist dan sehat. Lakukan olahraga rutin 1-3x seminggu. Nggak usah lama-lama, durasi 30 menit-1 jam aja cukup banget buat menghasilkan keringat. Kalo buat yang sibuk harus ngantor pagi-pagi, sempetin aja olahraga 30 menit setelah subuhan. Entah itu jogging ataupun sepedaan juga boleh. Oya buat kulit berjerawat jangan sering-sering berenang di kolam renang umum. Karena air kolam renang banyak mengandung bakteri dan penyakit, jadi bisa memicu muncul jerawat yang lebih parah. Kecuali punya kolam renang pribadi atau renang di laut sekalian itu nggak masalah.

c. Makan sayur dan buah
Yang ini resep mujarab sekaligus sulit diterapkan ya?? Yaaa gimana nggak susah, hidup di jaman serba instan dan junk food jadi makanan sehari-hari, belum lagi makanan-makanan yang mengandung pengawet, MSG, micin.. oh noo!! Itu sebenernya makanan yang justru harus dihindari. Saranku buat yang susah banget makan sayur dan buah bisa di variasi jadi berbagai olahan makanan misal dijadiin salad, jus, es krim, bubur, sandwich dan lain sebagainya. Kalo males repot?? beli aja, asal dijamin kebersihan dan kesehatanya. Konsumsi makanan seimbang dalam satu hari berpengaruh banget buat kesehatan kulit. Misal dalam sehari itu makan 3x, berarti 3x makan itu harus menggunakan lauk yang beragam. Jika makan pagi sudah pakai daging, makan siang seenggaknya makan yang mengandung sayur-sayuran. Buat cemilan sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan dari pada jajan yang nggak jelas. 

2. Menjaga Kebersihan Kulit
Menjaga kebersihan kulit memang gampang-gampang susah. Kadang faktor malas adalah penyebab dari kenapa banyak orang kurang menjaga kebersihan kulit wajahnya. Padahal kebersihan kulit itu sangat penting. Ketika kulit kotor atau tidak dibersihkan dengan baik, maka sisa-sisa kotoran yang menumpuk dapat mengakibatkan masalah kulit seperti kusam, jerawat, dan komedo. Untuk membersihkan kulit sebaiknya dilakukan pagi dan malam hari serta setiap habis bepergian. Nah agar kulit bersih nggak cukup dengan menggunakan air aja, tapi gunakan produk perawatan wajah khusus untuk membersihkan kulit.

a. Make up remover
Jika menggunakan make up seperti lipstik, eyeshadow, eyeliner, dsb.. sebaiknya dibersihkan dulu dengan menggunakan make up remover. Make up remover ini digunakan khusus untuk bagian-bagian kulit tertentu aja yang menggunakan make up. Untuk memastikan bahwa make up udah bersih bisa disapukan sebanyak 2x ke bagian kulit yang ingin dibersihkan. Saat ini dipasaran udah tersedia berbagai merek produk make up remover, aku menyarankan belilah yang tidak mengandung alkohol. Kamu tinggal pilih produk yang cocok dengan kulitmu.

b. Gunakan pembersih 2 langkah
Sekarang banyak banget pembersih muka praktis, yang hanya 1 langkah untuk membersihkan kulit. Tapi menurutku jika kondisi kulit berjerawat  atau ingin kulit lebih bersih, mendingan pakai pembersih 2 langkah yang terdiri dari susu pembersih dan penyegar. Pembersih jenis ini meskipun agak repot penggunaanya, bisa menghasilkan kulit yang lebih bersih dibandingkan dengan pembersih satu langkah. Contoh produk yang menyediakan pembersih 2 langkah adalah sariayu, viva, dan marta tilaar. Varian produknya ada banyak, bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. Kalau aku pakai viva susu pembersih dan penyegar varian greentea (bukan lagi promosi loh ya).Selain enak digunakan (nggak pedih di kulit) harganya juga enak di kantong hihi. Buat kulit berjerawat mungkin bisa menggunakan varian jeruk/lemon dan greentea.

c. Selalu memakai facial foam
Setelah kulit dibersihkan dengan menggunakan susu pembersih dan penyegar, bisa di akhiri dengan menggunakan facial foam. Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk membersihkan muka. Pertama gunakan susu pembersih-facial foam-penyegar. Atau cara kedua, gunakan susu pembersih-penyegar-facial foam-penyegar. Kedua cara ini bisa digunakan, dan terserah kalian mau pakai cara yang mana. Yang jelas dengan mengakhiri kegiatan membersihkan muka dengan facial foam, muka akan lebih bersih dan kesat. Dijamin udah nggak ada kuman bakteri lagi menempel di kulit muka! Buat kulit berminyak dan berjerawat, menggunakan facial foam dapat menjaga kulit agar tetap kering.

3. Menggunakan kosmetik yang cocok untuk jenis kulit
Ini dia nggak kalah penting. Karena jika kosmetikmu nggak cocok dengan jenis kulit malah bisa menimbulkan masalah baru di kulitmu. Perhatikan kandungan kosmetik, apa efeknya, dan untuk jenis kulit apa kosmetik tersebut. Sekarang kosmetik sudah semakin terklasifikasi seperti kosmetik untuk jenis kulit kering, berminyak, normal, normal berminyak, normal kering, sensitif, dan lain sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika ternyata tidak cocok atau menimbulkan iritasi/kondisi kulit yang tidak diinginkan segera hentikan pemakaian kosmetik. Untuk memilih kosmetik yang tepat bisa juga bertanya pada teman, saudara atau melihat review blogger untuk mengetahui plus minusnya. Khusus untuk kulit berjerawat jangan menggunakan kosmetik terlalu tebal agar kulit bisa bernapas.

Nah itu dia beberapa hal yang aku perhatikan dan aku terapkan dalam merawat kulitku yang berjerawat dan menurutku cukup membantu untuk tidak menambah tingkat keparahan jerawat di muka. Semoga bermanfaat :)


4 comments:

Evaria Ayu Nurjana said...
This comment has been removed by the author.
Evaria Ayu Nurjana said...
This comment has been removed by the author.
Evaria Ayu Nurjana said...

Kak, gimana perkembangannya setelah perawatan di erha?

Faradina said...

halo ayu, perkembangannya bagus jerawat yang muncul juga sedikit, lebih ke kontrol gitu dan sejauh ini juga aku cocok pake erha