Saturday 5 August 2017

Apa Aja isi Kotak Seserahan Pernikahan?

Salah satu yg bikin cewe-cewe semangat mempersiapkan pernikahan adalah.... taraaa kotak saserahan! Termasuk aku semangat banget nyiapin prentilan satu ini. Kotak saserahan isinya apa sih? Sebenernya bebas banget, terserah kamu, kesepakatan kamu dengan pasangan karena kan yg mau ngebeliin pihak pasanganmu. Saserahan itu biasanya seperangkat barang kebutuhan cewe dari kepala sampe kaki yg dikasih pihak cowo ke pihak cewe. Tapi makin kesini kotak saserahan nggak cuma buat pihak cewe doang, ada juga yg ngasih dari cewe ke cowo. Kalo yg satu ini aku masih aneh aja sih ya jujur, ini cewe yg mau dipinang sama si cowo. Harusnya yg dikasih saserahan si cewe, cowonya mah kagak perlu haha.

Pas nikahan aku kemarin, dari pihak cowo ngasih buget buat aku belanja saserahan. Semuanya aku yg pilih sendiri dan belanja sendiri. Kalo yg satu ini kasusnya beda-beda tiap orang. Ada temen aku yg dia cuma ditanya penginnya apa, dan yg belanja dari pihak saudaranya si cowo. Ada juga nih temen aku yg gak pake saserahan. Dia cuma minta seperangkat alat shalat sama mas kawin emas batangan. Simpel gak ribet, gak perlu belanja barang saserahan (dia males belanja katanya).




Bersyukurlah aku dikasih duit buat belanja sendiri. Soalnya sering nggak cocok gitu dibeliin orang, mending pilih sendiri biar gak mubazir. Kapan waktu yg tepat buat beli barang saserahan? Tergantung kalian. Kalo kalian bukan tipe orang yg rempong dan gampang cari barang, beli sebulan sebelum acara saserahan bisa-bisa aja. Tapi kalo aku? Jangan ditanya, susah banget nyari barang yg cucok. Belanja itu juga harus punya mood bagus, kalo mood belanjaku lagi nggak bagus, beneran ditawarin beli ini itu pun nggak pengen sama sekali!  Jadilah aku mulai belanja saserahan sejak 4 bulan sebelum hari H. Belanjanya juga belanja santai. Berhubung waktu itu masih kuliah di Jogja, kadang-kadang kalo lagi nge-mall liat ada yg pas di hati aku beli.. Nyicilin buat ngisi kotak saserahan. Begitu terus sampe semua item barang terpenuhi. Nah kemarin itu saserahan ku ada 6 kotak yg isinya:

Kotak 1
Perlengkapan pesta: clutch, dress, outer, wedges, jilbab

Kotak 2
Perlengkapan casual sehari²: tas, baju atasan & bawahan, sepatu slip on, jilbab

Kotak 3
Make up: eyeshadow, eyeliner, pensil alis, blush on, mascara, parfum, handbody, makeup remover, sabun mandi, lipstik 2 pcs (btw aku gak pake bedak soalnya waktu itu stok bedak masih banyak)

Kotak 4
Perlengkapan shalat: mukena, sajadah, Al-quran, tasbih. Aku alat shalat bukan buat mahar, tapi aku masukin saserahan. Penjelasanya nanti aku kasih tau di bawah.

Kotak 5
Pakaian dalam: set daleman 2 set (you know what i mean), baju tidur, handuk mandi

Kotak 6
Satu set sprei kasur. Sebenernya ini sprei aku nggak request, nggak beli juga. Tapi mungkin dikasih tambahan sama keluarga cowoku.

Tambahan:
1 kotak perhiasan isinya cicin kawin, kalung, gelang. 1 pigura yg isinya uang mahar.
Pas acara saserahan itu juga cowoku bawa makanan kayak cake, jajanan yg dikemas dalam parcel-parcel.

Soal packaging kotak saserahan juga kesepakatan antara kamu dengan pasangan, karena lagi-lagi yg membiayai pengemasan kan pihak cowo. Soal ngemas kotak saserahan cowoku serahin semua ke aku (dia cuma tinggal bayar doang). Karena penginnya aku yg ala-ala pinterest gitu ngepack saserahan kekinian gitu lah.. hahah. Udah dapet orang yg nyanggupin bisa, eehh tiba-tiba cowoku bilang "wah ini budhe-ku nawarin buat ngemas kotak saserahan.. aku nggak enak mau nolak." Yowes lah pupus sudah harapanku akan kotak saserahan ala pinterest 😅 secara aku nggak mungkin request minta dibungkusin model ini itu ke budhe-nya.

Oya soal penjelasan seperangkat alat shalat nih. Kenapa aku taroh seperangkat alat shalat di kotak saserahan, bukan bagian dari mahar karena... aku sempet diceramahin panjang lebar waktu pembekalan pengantin oleh si bapak penghulu. Kata si bapak penghulu, hakikat mahar sebenernya kalo bisa dan mampu adalah barang yg memiliki nilai jual misal berupa uang dan emas (kalo bisa dan mampu loh ya, karena lagi-lagi sifat mahar itu dari keiklhasan  si cewe minta dikasih apa). Sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, mahar itu bisa digunakan untuk membeli sesuatu/memenuhi kebutuhan. Misal nih kalo lagi kepepet, emas mahar bisa dijual buat menopang kebutuhan hidup. Nah terus lagi.. sebaik-baiknya uang mahar itu segera digunakan dan tidak bersifat riba. Segera digunakan maksudnya gini.. biasanya kan uang mahar ditaruh pigura kan dibikin sedemikian rupa dalam pigura. Setelah hari pernikahan, uang yg di dalem pigura mahar itu harus segera dikeluarin dan digunakan. Nggak dianjurkan buat pajangan terus-menerus. Sebenernya waktu denger agak-agak sayang sih.. kan uangnya bisa buat kenang-kenangan gitu 😔 Dua minggu setelah nikahan kita bongkar duit mahar dan dipake buat liburan 😁 (sebelumnya kita foto-fotoin dulu itu pigura yg masih isi duit). 

Yang kedua, uang mahar jangan bersifat riba karena itu mempengaruhi sah enggaknya pernikahanmu. Contohnya gini, biasanya orang kalo mau nikah kepengin nominal maharnya unik. Kayak aku kemaren Rp 708.016 yg melambangkan tanggal, bulan dan tahun pernikahan (7 Agustus 2016). Dimana ngedapetin uang jadul nominal 16 rupiah? Tentunya kita cari ke kolektor uang jadul kan.. waktu itu aku beli di pasar Beringharjo. Beli 16 rupiah seharga 45.000. Ternyata itu adalah riba, sedangkan uang mahar nggak boleh berasal dari uang riba. Akhirnya kita nggak jadi masukin itu duit ke mahar, dengan nominal cuma Rp 708.000. Kata pak penghulu lagi, boleh kok duit 16 rupiah itu dimasukin ke dalam pigura mahar buat hiasan, asalkan nggak disebutkan nominalnya. Ada pengecualian nih, kecuali kamu dapet uang nominal 16 rupiah itu karena kamu minta atau dikasih sama orang secara sukarela (kamu nggak beli) itu sah-sah aja dipakai buat mahar.

Begitu ya jelas, kalo udah tau jangan coba-coba melanggar hihi. Temen aku sempet kesel banget aku kasih tau beginian, katanya dia udah beli uang jadul akhirnya nggak kepake haha. Tapi yg namanya kebaikan harus segera disampaikan toh? Oke, sekian dulu buat postingan kedua ini.. see you on the next post!

4 comments:

HIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL said...

Hallo akang teteh calon penganten,

lagi nyari gedung full carpet di kota bandung?
Sudah ada jawabannya yaitu gedung HIS balai sartika.
sekarang di Balai Sartika udah full capet dan udah nyediain paket pernikahan yg fleksibel bgt, jadi akang dan teteh calon penganten tetep bisa bebas milih vendor!
Dan sekarang HIS Balai Sartika lagi ada promo Honeymoon ke The Acala Shri Sedana Bali 3 hari 2 malam dan LOGAM MULIA 5 GRAM!
Hanya di bulan Juni 2019 aja looh...
untuk informasi lengkapnya, langsung hubungi aja ke 085624295686 (Oci) yaa!
atau mau nengok instagramnya juga boleh di @his_balaisartika :)

Anonymous said...


Seserahan merupakan bingkisan hadiah dari pihak lelaki kepada pihak wanita. Bingkisannya biasanya berisi berbagai macam hal yang akan dikenakan wanita mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala.---WWow keren ya kotak seserahan disini

Rosianti Mustika said...

NEW INFO

Selamat Pagi!
HIS Kologdam pada hari Sabtu,31 Agustus 2019
pukul 11.00-14.00 akan mengadakan Test Food loh,
bagi kaka-kaka yang sedang mencari gedung pernikahan beserta paket nya yang lainnya dalam mempersiapkan acara pernikahannya boleh dateng kok, acara ini GRATIS!
Disana kaka-kaka bisa review tentang vendor-vendor yg bekerjasama dengan HIS Kologdam dan sharing tentang periapan pernikahan kaka-kaka dengan wedding consultant terbaik dari HIS Kologdam.
Dateng yuuuuk, karena akan ada doorprize serta bonus yang menarik loh seperti Logam Mulia 10Gram!!

Langsung hubungi ke,
ROSIANTI
085624295686 (WA)
rosi.hiskologdam (Instagram)
rosianti.hiscorp@gmail.com (e-mail)

GIYANTI - HIS SESKOAD said...

Dear brides and grooms to be
Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
Giyan : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

See u brides and grooms to be!
-HIS Wedding Venue Organizer-