Tuesday 8 August 2017

From A to Z: Prentilan Pernikahan yang Harus dipersiapkan

Postingan ketiga di bulan Agustus tema-nya masih seputar pernikahan seperti yg aku janjiin. Kali ini, aku mau share pengalamanku dalam nyiapin pernikahan. Sejak beberapa bulan sebelum hari H sampe hari H tiba. Mungkin bisa dibilang kayak semacam timeline waktu gitu buat menentukan apa-apa aja sih yg harus dilakuin biar waktu persiapannya cukup efektif. Kalo kata orang idealnya nyiapin nikahan itu satu tahun sebelum hari H. Tapi ada beberapa orang yg bahkan dalam hitungan bulan baru nyiapin pernikahan. Termasuk aku, orang yg nyiapin pernikahan dalam itungan waktu 6 bulan. Jarak antara tunangan ke nikahan kurang lebih 1 taun (Sept 15 - Agstus 16), tapi karena waktu itu kedua belah pihak keluarga belum bisa menentukan tanggal pernikahan, jadilah tanggal pernikahan baru ditentukan sekitar awal Februari 2016.



6 bulan sebelum hari H
  • Survei! Survei semua yg perlu kamu survei, kayak gedung, catering, decor, make up, undangan, souvenir, dokumentasi, MC, wedding singer dll. Minta price list nya dan diskusikan sama anggota keluarga. Kamu juga harus udah tau perkiraan jumlah tamu undangan buat menentukan kapasitas gedung, jumlah catering, jumlah undangan yg dicetak dan jumlah souvenir yg harus dipesan. Nah kalo buat decor biasanya nanti pihak vendor ngadain beberapa x pertemuan buat bahas konsep, tema, warna.
  •  Pilih dokumentasi/fotografer nikahan di awal survei.. karena fotografer biasanya mereka juga gampang-gampang susah waktunya. Apalagi kalo kamu mau sepaket sama foto prewedding.

5 bulan sebelum hari H 
  • Booking semua yg udah kamu survei, tentuin secara cepat, tepat dan di rasa paling cocok. Kalo bisa jangan galau alias berubah-rubah terus. Nambah-nambahin kerjaan soalnya kalo kebanyakan galau dan bingung. Makin kesini makin mepet waktunya.. kamu bakalan nggak punya waktu kalo terus-terusan berubah pikiran. 
  • Nentuin  konsep apa, pilih baju nikahan, pilih warna/nuansa nikahan
  • Pertemuan tahap 1 dgn wedding decor

4 bulan sebelum hari H
  • Bikin panitia nikahan sekaligus konfirmasi ke orangnya sanggup enggak dimintai tolong. Panitia nikahan ini yg diserahin kerjaan pas hari H jadi kamu nggak perlu pusing mikirin ini itu. Misal yg tugas ngecekin tamu, ngecek jumlah makanan, piring kotor, ngarahin tamu VIP, ngarahin foto, narohin barang-barang nikahan ke mobil (misal uang mahar, kotak perhiasan, buku nikah, foto-foto nikahan yg dipajang), tukang anter souvenir ketempat nikahan sekaligus tukang angkut kalo souvenir masih nyisa, kado nikahan, buku tamu sama amplop sumbangan) dll.  Rempong banget yah, tapi seriusan ini harus dipikirin loh.. apalagi kalo nikahanmu itu di gedung bukan di rumah sendiri. Lebih baik emang nyewa orang yg bisa dipercaya khusus buat angkut-angkut beginian. Biasanya sih panitia nikahan itu anggota keluarga. Tapi menurutku jangan keluarga deh apalagi kalo nunjuk bapak-bapak atau ibu-ibu (mereka biasanya repot, penginya santai pas hari H). Mendingan minta tolong sama temen-temen sepantaran, temen satu komplek misalnya yg masih pada lajang dan mau direpotin. Ataupun kalo kamu pengin nggak ribet nyewa wedding organizer aja yg khusus mengatur jalannya acara.. Insha Allah acaramu bakal jauh lebih tersusun rapi.
  • Bikin susunan acara sekaligus daftar foto dan kamu kasihin itu susunan acara ke MC, kalian diskusiin siapa tau bakal ada masukan juga dari si MC ini.
  • Bikin rundown acara pada hari H sejak make-up sampai acara selesai. Run down itu di print, di fotocopy dan disebarin ke seluruh anggota keluarga termasuk keluarga si cowo. Jadi mereka bakal tau acaranya bakal ngapain aja, mulai jam berapa, selesai jam berapa. Tapi bagiin rundown-nya kalo bisa 3 - 1 minggu sebelum hari H biar nggak ilang/lupa itu rundown.   
  • Pertemuan tahap 2 dgn wedding decor

3 bulan sebelum hari H
  • Test food makanan ditempat catering/resto yg udah kamu booking sekaligus nentuin menu makanan & jumlah porsi yg di pesan. 
  • Ngurus persyaratan nikah buat ke KUA (apalagi kalo kamu nikah di bulan-bulan ramai, harus ngurus jauh-jauh hari).
  • Cek kesehatan buat calon pengantin di puskesmas terdekat. 
  • Foto prewedding
  • Pertemuan tahap 3 dgn wedding decor



2 bulan sebelum hari H
  • Pesen undangan & souvenir nikahan. Biasanya proses ngerjain souvenir & undangan sekitar 1 bulan.
  • Fitting baju buat saudara-saudara (pager ayu, pager bagus, among tamu, kebaya adik/kakak pengantin). Berhubung saudara-saudaraku itu mencar-mencar dari sabang sampe merauke, akhirnya baju diputuskan untuk sewa semua. Saking susahnya ngumpulin mereka, aku baru fitting baju buat mereka sekitar 2 bulan sebelum hari H. Itupun ada beberapa yg gak fitting, cuma setor ukuran baju aja.
  • Pesen balon (karena dulu aku pake acara nerbangin balon hehe)
  • Ngebungkus kotak saserahan
  • Siapin transportasi keluarga terutama buat kamu yg nikahannya nggak di rumah. Apa persediaan mobilmu dan mobil saudara-saudaramu udah cukup? atau perlu nambah sewa mobil/efl/ mini bus mungkin?
  • Pertemuan final dgn wedding decor.

1 bulan sebelum hari H
  • Fitting akhir baju nikahan buat capeng cewek cowok (sapa tau kamu gemukan/kurusan). 
  • Test makeup dan hijab do (ini penting banget) aku sempet nyesel banget nggak minta test ini. Test makeup dan hijab do buat mastiin look kamu di hari H pengin kayak apa. Jadi pas hari H itu nggak bingung hijabnya mau diapain dan yg penting sesuai dengan harapanmu. Kamu harus banget inisiatif minta ke pihak MUA-nya. Misal MUA-nya nggak ngadain test makeup & hijab do? kamu bisa mohon-mohon sambil ngejelasin betapa pentingnya test itu dilakukan (kalo perlu kamu nambah dana buat bisa test makeup dan hijab do). Harusnya kalo MUA masa kini sih nggak gitu ya, mereka tau ini wajib dilakukan ke capeng biar sesuai dengan request dan harapan si capeng. Kalo enggak menyesalah seperti saya karena sedikit tidak sesuai harapan (udah gak usah di bahas, ini bikin nyesek 😞).
  • Pelunasan uang gedung, dekor, makeup, kalo catering biasanya setelah acara.

2 Minggu sebelum hari H
  • Sebar undangan 2 sampai 1 minggu sebelum acara (jangan nyebar sendiri, nyuruh orang aja biar nggak capek hehe).
  • Briefing sama pihak wedding organizer (kalo kamu pake wo) atau pihak panitia nikahan/ pihak resto. 
  • Konfirmasi ke seluruh wedding partner yg udah kamu pilih buat mengingatkan mereka biar nggak lupa di hari pernikahanmu. 
  • Tunjuk 1-2 orang buat ngecek & mantau lokasi nikahan di H-1
  • Istirahat! ini penting banget. Kalo sempet dan punya waktu luluran ke salon yaah memanjakan diri gitu lah, minum vitamin juga buat daya tahan tubuh.  
Rasanya kalo inget setahun yg lalu itu... luarrr biasaa.. Suka nggak percaya aku udah melewati masa-masa itu semua. Inget capek-capeknya.. capek hati, pikiran, tenaga, duit juga hehe kadang sampe berantem sama pasangan, sama ortu juga hahah.. tapi sekaligus seneng karena momen itu nggak akan pernah terulang lagi, cuma sekali seumur hidup. So, berikan yg maksimal.. yg terbaik yg kamu bisa lakukan 😗

Selamat mempersiapkan pernikahan 💗


0 comments: