Saturday 18 April 2015

If You Can Dream it, You Can Do it Part 1



Follow your dream, they know the way...  kata-kata yang bikin aku terinspirasi ini aku dapet nggak sengaja waktu lagi iseng buka-buka instagram. Yaaa.. kita semua punya impian dalam hidup, kita ingin hidup ini seperti apa dan ingin melakukan apa. Buat yg baru pada lulusan kuliah a.k.a freshgraduate kayak aku, aku yakin banyak yg pada ababil ngambil langkah dan keputusan buat masa depan *ehm, curhat*

Duluuuu tuh yaa pas jaman kuliah, pengennya sih cepet-cepet lulus biar nanti kerja bisa punya duit sendiri dan ngapa-ngapain pake duit sendiri, giliran udah lulus pengen balik kuliah lagi. Dan bahayanya, nggak pernah punya bayangan nanti lulus kuliah mau melangkah kemana. Lagi-lagi aku yakin nih rata-rata anak kuliahan kalo ditanya cita-citanya pasti pada bingung...

Pikirku nanti kalo lulus kuliah yg penting daftar kerja, dimana pun itu yg penting semua langkah dicoba. seringkali juga kita matokin kalo nanti udah lulus kuliah pokoknya aku maunya kerjanya diperusahaan  bergengsi kayak perusahaan A, dan minimal gajinya harus 5jt (Contohhhhh).

Faktanya setelah lulusan.. eng ing engg... kenyataan nggak semulus apa yg dipikirkan. Buat sarjana rajin kayak aku (muji diri sendiri boleh lah ya, haha!) yg kuliahnya cuman 3,8th, lulus cumlaude, sekaligus anak pertama dari 4 bersaudara, belum lagi membawa nama baik orang tua yg alhamdulilah sekarang beliau berdua sukses, itu rasanya beehhhhh berat bingit kayak bawa beban kemana-mana. Beban apakah? beban bahwa aku juga harus bisa sukses dan jadi contoh berhasil buat adik-adiku.
Kuliah cuman 3,8th tuh rasanya begitu lulus ngerasa oon banget. Gemana nggak ngerasa oon, aku sempet bertanya pada diri sendiri: Aku selama ini kuliah dapet apa aja? Udah Bisa apa aja? Udah Tau apa aja? Apa yg dibelajarin selama kuliah? rasa-rasanya baru kemaren daftar kuliah, ehhh sekarang udah lulus aja!

Hal pertama yg aku pikirin setelah lulus adalah: masa depanku ini mau di bawa kemana?? dan tiba-tiba ngerasa nyesel banget aku nggak merancang masa depanku sejak dulu kala. Alhasil, apa yg aku lakuin selanjutnya adalah sama kayak freshgred-freshgred lainnya. Cari lowongan sebanyak-banyaknya, sebar lamaran kerja dimana pun ada lowongan, dan ikut jobfair. Bahkan aku udah ngelakuin ini jauh-jauh hari sewaktu masih ngerjain skripsi.

Saking banyaknya surat lamaran yg disebarin.. sampe beneran lupa deh udah masukin ke perusahaan mana aja. Beberapa kali ada yg nyantol, aku dapet panggilan kerja. Beberapa perusahaan yg aku ikutin tahap seleksinya, gagal di tengah jalan. Ada juga yg nggak aku penuhin panggilan interview nya karena ngerasa nggak yakin.

Akhirnya selang 3 hari dari wisuda, aku dapet panggilan interview di sebuah perusahaan mobil di Purwokerto, posisi operation staff. Parahnya pas di telepon aku malah bingung, emang aku pernah ya masukin lamaran ke perusahaan ini?! :p

Lanjut cerita, panggilan interview aku penuhi. Pas dateng, aku pede banget karena nggak ada orang lain yg di interview, cuman aku doank. Proses seleksinya nggak ribet ternyata, aku sama (yg katanya ada beberapa kandidat lain) cuman nulis form biodata diri trus di interview sama head operationnya. Katanya lagi sih waktu interview setiap kandidat jam nya dipisahin, nggak dibarengin dalam satu waktu.. Oh yaa pantesan aku interview sendirian, padahal udah kepedean.. kirain kandidat satu-satunya, wakaakkakkaka.. Interview kali ini nggak deg-degan sama sekali karena sebelumnya udh pernah ikut interview baik magang atau interview kerja.

Kenyataannya emang sama sekali nggak bikin deg-degan -.- pertanyaan-pertanyaan yg biasa nya ditanyain pas interview nggak keluar sama sekali. Semuanya ngalir aja kayak ngobrol biasa gitu..
Sampe akhirnya ngomongin masalah gaji, aku ngajuin gaji 2,5jt (karena ngerasa tau diri posisi freshgred & blm punya pengalaman). Aku pikir gaji segitu wajar kali ya buat freshgred, di kota kecil kayak Purwokerto.
Kenyataan pun berkata lain, mbak yg nginterview bilang kalo gaji freshgred disini nggak nyampe segitu, dan dia pun nyebutin nominal yg jauh dari harapan 2,5jt itu tapi malah sok pura-pura mau nerima gaji segitu. ditambah pula nggak ada uang lembur, insentif dan tunjangan lainnya. cuma gaji aja selama 5 bulan pertama, tepat di bulan ke-6 nya jika kinerja bagus akan diangkat jadi karyawan tetap, otomatis gaji naik dan dapet fasilitas-fasilitas lainnya yang cukup lumayan. Langsung deh terbayang selama 5 bulan dengan gaji  yang pas-pasan.

Kelar interview mbak nya bilang kalo aku lolos, ada tahap interview selanjutnya. Buat waktunya kurang lebih 1 minggu dari waktu interview sekarang. Begitu kelar, langsung ngarep banget biar nggak usah lolos aja.. habis nggak begitu minat gitu. Eeh.. singkat cerita aku lolos, padahal aku pikir nggak lolos karena udah satu minggu lebih belum dihubungin. Lanjut wawancara tahap ke-2 sama branch managernya. Bapak BM nya juga bilang kalo aku lolos, bakal dihubungin hari kamis depan, jumatnya mulai kerja. Wooo cepet amat ya, dan feelingku aku bakalan lolos. Nyatanya beneran lolos deh.. aku pun berangkat kerja di hari jumat yg dijanjikan.

Next  lanjut part II

0 comments: